DEKRANASDA NTT Perkenalkan 19 Jenis Kopi Dari 11 Kabupaten di NTT


  • Bagikan
KORANTIMOR.COM – KUPANG –

Ketua Dewan Kerajinan Nasional (Dekranasda) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Julie Sutrisno Laiskodat memperkenalkan 19 jenis kopi dari 11 (sebelas) Kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Hal itu disampaikan Ketua Dekranasda NTT, Julia Sutrisno Laiskodat saat “Ngopi Bareng Wartawan Media Cetak, Elektronik, dan Online” pada Kamis sore (8/10/2020) di Gedung Dekranasda NTT.

Swipe up untuk membaca artikel

“Kita tahu persis bahwa Kopi yang terkenal di NTT yakni Kopi Manggarai dan Kopi Bajawa yang telah memiliki Indikasi Geografis, namun banyak masyarakat yang belum tahu ada 11 kabupaten di NTT yang memiliki kopi,” bebernya.

Ada pun 19 varian kopi yang dikembangkan oleh Dekranasda NTT dan 11 kabupaten/kota di Provinsi NTT yakni :

Kota Kupang, Kopi Saa, Jago Kopi, Sunday Morning, Kobba, dan Sonbra;TTU, Lopo Kofe;Belu, Kopi Lakmaras;Sumba Timur, Humba Kopi;Sumba Barat Daya, Aroma Kopi Sumba;Flores Timur, Lopo Kopi dan Kopi Hokeng;Adonara, Kopi Lite;Lembata, Kopi Bana;Sikka (Maumere), Kopi Sibakloang;Ende, Kopi Detusoko, Virgil Coffee, dan Kopi Mboti;Manggarai, Toto Kopi, dan LC Cafe Inspiratif.

Baca Juga :  Waduh,... Diduga IUP-OP PT. Agogo di Nangapanda Ende Tak Sesuai Aturan

Mengenai kemasan Kopi, beber Julie, Dekranasda NTT membina para pelaku UMKM untuk mengemas kopi dengan kemasan non plastik. “Kemasan Kopi telah Go Green (tak terbuat dari plastik, red), mudah-mudahan tahun depan bisa non plastik,” ungkapnya seraya menyampaikan keyakinan bahwa mutu kopi sangat bagus karena tanah di NTT mendukung kualitas kopi.

  • Bagikan