Edukatif, Investigatif, Faktual, Berimbang

Musda Mendekat, Jeriko Tetap Komit Latih Kader Demokrat Skill Kampanye Digital

0 22

KORANTIMOR.COM – KUPANG – Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat NTT, Dr. Jefri Riwu Kore (Jeriko) di sela-sela kesibukannya, tetap komit melatih kader Demokrat  (melalui Webinar, red) untuk  meningkatkan skill kadernya agar dapat berkampanye secara digital di ajang Pemilihan Legislatif (Pileg), Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun 2024. Pelatihan yang dilakukan pada Selasa (21/9/21) tersebut dilakukan 2 hari menjelang Musyawarah Daerah (Musda)  untuk memilih Ketua DPD Demokrat NTT periode selanjutnya.

Demikian Siaran Pers dari DPD Demokrat NTT yang diterima media ini melalui pesan WhatsApp/WA pada Rabu (22/9/21) malam.

Dalam  Webinar ke-IV tersebut masih menghadikan Viktor Niki sebagai pembicara. Viktor adalah consultan dan founder politic digital. Kegiatan tersebut dilakukan melalui zoom meeting, Selasa (21/9/2021).

Pelatihan tersebut tentang kampanye politik digital yang merupakan sebuah skill yang wajib dimiliki dan dikuasai oleh kader-kader Partai Demokrat, baik pimpinan DPC, PAC, Ranting maupun anggota DPRD dan caleg dari Partai Demokrat.

Webinar Ke-IV ini diikuti oleh 50 kader dengan thema yang makin spesifik tentang konten yang menjual, yakni bagaimana membuat konten yang menarik dan sampai pesannya kepada masyarakat. Diskusi tersebut cukup serius, acara dimulai pukul 17:00-20.30 wita.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Ketua DPD Partai Demokrat NTT, Jeriko menekankan tiga aspek kunci, yakni : Pertama, webinar ini mempunyai satu misi mulia yaitu mendidik kader-kader demokrat agar terampil dan mempunyai skil khusus dalam menyapa warga dan berkomunikasi di media sosial.

Dirinya menegaskan jika demokrat mau eksis tahun 2024 dan ingin mempromosikan gagasan-gagasan bernasnya kepada publik dengan cara yang murah, meriah namun efektif, maka diperlukan pelatihan tersebut.

“Karena perjumpaan langsung dengan konstituen itu akan berlangsung 2023/2024, tetapi kerja-kerja bagus harus terus dipromosikan dalam rangka membentuk kemampuan untuk menyapa warga, berinteraksi secara dinamis di media sosial,” tandas Jeriko.

Kedua, Jeriko menekankan tujuan utama demokrat sebagai partai adalah mempromosikan demokrat dan ketua umum AHY sebagai calon presiden 2024, karena AHY menawarkan kepemimpinan baru tahun 2024.

Ketiga, penyelenggaraan Musda kali ini unik, menjelang dua hari Musda DPD Demokrat NTT masih melaksanakan kegiatan webinar dan pelatihan. Jadi pengurus tetap aktif sekalipun menjelang demesioner masih tetap aktif berkegiatan.

Sebagai Ketua DPD Demokrat NTT, Jeriko menekankan bagaimana soal bersikap menyapa kader dan mengedukasi mereka. Dirinya menekankan disiplin dan professionalisme kader. Jeriko juga  mengingatkan kepada Ketua DPC dan anggota DPRD bahwa walaupun sesuai jadwal DPP dua hari lagi akan ada Musda, jangan meretakkan persahabatan antara kader.

“Tidak mau tegur sapa. Undang webinar tidak mau hadir lagi. Saya berharap sebagai kader dalam rumah besar Partai Demokrat. Berbeda itu wajar tetapi komitmen kita terus memperkuat partai ini,” tandas Jeriko.

Menurut mantan anggota DPR RI dua periode ini, Ketua-Ketua DPC dan fraksi adalah pilar partai, yang harus betul-betul menunjukan disiplin dan sikap profesionalitas mereka.

Sementara itu, Viktor Niki dalam paparannya, memandu satu persatu dari 9 item materi. Ia berharap agar setiap DPC mempunyai satu orang tim atau staf khusus yang berfungsi untuk mengoperasikan dan punya skil serta kemampuan teknis desain grafis. Juga bisa mengoperasikan media dan media sosial untuk berbagi di media sosial tentang kerja-kerja peduli dan beri solusi yang dibuat demokrat.

Peserta berharap agar webinar tersebut perlu ditindaklanjuti semacam ToT, pelatihan pelatih supaya punya kemampuan yang mumpuni dan bisa melatih lagi tim yang lebih kecil ditingkat DPC dan fraksi yang merupakan pilar utama untuk memperkuat partai di daerah. (kt/tim)

Comments
Loading...