Sam Haning: Tahun 2020 Adalah Era Kebangkitan Dan Mengembalikan Kejayaan UPG 45


  • Bagikan
Sam Haning, SH, MH

KORANTIMOR.COMKUPANGSuksesnya pendidikan setiap orang ditandai dengan adanya ijazah bidang keilmuan tertentu dan tidak hannya mengandalkan pembelajaran autodidak. Namun itu saja juga tidak cukup, orang itu harus memiliki keahlian atau skill untuk sukses dalam hidup.

Sam Haning, SH, MH

Demikian petikan hasil wawancara dengan Ketua PBH UPG 45 NTT, Samuel Haning, SH, MH pada Kamis (30/1/2020) di Kupang.

Swipe up untuk membaca artikel

“Orang yang telah memiliki ijazah tapi tidak didukung skill juga sangat mempengaruhi perkembangan kualitas diri orang itu sendiri. “Teori atau ilmu tanpa praktek itu pengkerdilan. Begitu pun praktek tanpa teori juga itu kebodohan. Jadi semuanya harus berjalan bersama-sama.” Ujar Pria yang biasa disapa Paman Sam itu.

Adalah fakta, lanjut Paman Sam, bahwa ada banyak orang yang sukses atau berhasil dibidang ekonomi, umumnya tidak bersekolah tinggi tetapi karena mereka belajar autodidak dan memiliki skill tertentu.

Oleh karena itu terkait hal tersebut, Sam Haning menilai Ujian Nasion [UN] juga tidak mendukung suksesnya masa depan seorang anak atau mahasiswa, sebab seorang anak didik atau peserta didik dan mahasiswa/i walau memiliki nilai tinggi tetapi tidak memiliki skill tertentu sama saja.

Baca Juga :  Masyarakat Sikka Apresiasi Program Anak Belajar Melalui Radio

Sam berpendapat, lebih tepat Ujian Nasional itu dihapus agar tidak membebani murid itu sendiri dan dengan demikian mereka lebih fokus tentang disiplin ilmunya atau bidang studi atau keahlian tertentu.

  • Bagikan