Yang Diabaikan Jokowi di Indonesia Timur


  • Bagikan
Emilianus Yakob Sese Tolo [Dosen Sekolah Tinggi Filsafat Katolik Ledalero, Maumere, Flores, NTT]

KORAN TIMOR.COM – OPINI – Sejauh ini, di periode pertamanya, Jokowi tentu saja cukup berhasil dengan proyek infrastruktur besar di Indonesia Timur. Namun, keberhasilan proyek infrastruktur besar Jokowi ini tidak serta merta berarti akan menyelesaikan semua persoalan di Indonesia Timur. Sebab, fokus yang terlalu berlebihan pada pembangunan proyek-proyek infrastruktur besar ini dapat menimbulkan masalah lain bagi masyarakat Indonesia Timur.

Emilianus Yakob Sese Tolo [Dosen Sekolah Tinggi Filsafat Katolik Ledalero, Maumere, Flores, NTT]
Selain karena pembangunan infrastruktur Jokowi di Indonesia Timur dibangun di atas ketimpangan ekonomi politik, empat hal penting lainnya yang diabaikan Jokowi sejauh ini adalah berkaitan dengan pembangunan sumber daya manusia, pengembangan usaha kecil dan menengah, pengembangan industrialisasi lokal dan perlindungan lingkungan hidup.

Swipe up untuk membaca artikel

Di periode pertamanya, Jokowi tampaknya kurang fokus pada pengembangan sumber daya manusia (SDM) di Indonesia Timur. Pada tahun 2018, menurut penelitian Asian Foundation dan LIPI, pengembangan infrastruktur Jokowi hanya berfokus pada infrastruktur, dan belum pada SDM.

Dengan demikian, pembangunan infrastruktur tidaklah cukup untuk mendorong ekonomi lokal karena masyarakat tidak mampu memanfaatkan peningkatan pembangunan infrastruktur yang ada. Misalnya, pembangunan infrastruktur di Papua –seperti jalan tanpa mengembangkan sumber daya manusia masyarakat asli setempat– telah menyebabkan peningkatan kesenjangan ekonomi dan menciptakan konflik horizontal antara penduduk asli dan pendatang.

Baca Juga :  Covid-19 dan Imunitas Diri Menuju NTT Bangkit NTT Sejahtera
  • Bagikan