FA Dorong Pemda Larang Anak Merokok


  • Bagikan

KORANTIMOR.COM – KUPANG – Anak Merokok 12 Batang Rokok per Hari, FA Dorong Pemda Larang Anak Merokok.

Peserta Forum Anak

Demikian Siaran Pers Kemen5terian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Nomor: B-309/Set/Rokum/MP 01/11/2019.

Swipe up untuk membaca artikel

KPPA menegaskan bahwa penyadaran terhadap seluruh pihak perlu dilakukan demi menekan bahaya rokok dari anak – anak. Peran 2P (Pelopor dan Pelapor) dapat dimaksimalkan untuk memengaruhi pemerintah di daerahnya masing – masing agar membuat aturan terkait larangan merokok, hal ini juga bisa dimulai dari anggota keluarga yang merokok.

Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan pada 2018, 25% anak berusia 15–19 tahun merokok 12,3 batang per hari. Padahal jumlah total uang yang digunakan untuk membeli rokok tersebut bisa dialokasikan untuk membeli telur dan menghindarkan anak Indonesia dari risiko stunting.

“Anak – anak Indonesia berhak atas udara bersih, asap yang terbebas dari bahaya rokok. Berdasarkan analisis kerugian, konsumsi rokok oleh anak yang berusia 15 – 19 tahun telah menghabiskan berkisar Rp 68,14 miliar per hari. Hal ini berarti sebesar Rp 24,87 triliun per tahun uang telah terbakar percuma. Padahal, jumlah uang tersebut bisa menghasilkan 16,6 miliar telur bagi 22,16 juta anak per tahun atau dua telur bagi anak usia 15 – 19 tahun per hari, sehingga menghindarkan mereka dari risiko stunting,” ujar Deputi Bidang Tumbuh Kembang Anak Kemen PPPA, Lenny N Rosalin dalam Workshop Peran Forum Anak sebagai 2P (Pelopor & Pelapor) mengenai Bahaya Rokok dan Pentingnya Kesehatan Reproduksi.

Baca Juga :  Kita Wujudkan Solidaritas Kemanusiaan Disituasi Pandemi Corona
  • Bagikan