Atasi ‘WC Terbang’, LSM CIRMA Beri Bantuan WC Sehat Bagi Warga Desa Tanah Merah


  • Bagikan
Peletakan batu pertama pembangunan WC Kamar Mandi Warga Dusun IV Desa Tanah Merah oleh Sekcam Kupang Tengah, Yenny Didampingi Direktur Cirma Indonesia, John Ladjar

KORANTIMOR.COMKUPANGLSM CIRMA [Centrum Masyarakat Mandiri] mitra Celavip-Cili luncurkan program “Healthy Latrine Project” bagi 98 KK Warga Indonesia ex Provinsi Timor-Timur [=sekarang Negara Republik Demokratik Timor Leste] di Lokasi Resetlemen Dusun IV Desa Tanah Merah, Kecamatan Kupang Tengah-Kabupaten Kupang pada Selasa [4/2/2020]. Masyarakat gembira sebab setelah 14 tahun sejak tahun 2006 mereka hidup di Resetlemen tanpa WC+Kamar Mandi Sehat, hari ini mereka  mendapat ‘Healthy Latrine Project’ dari CIRMA sekaligus menyaksikan peletakan batu pertama pembangunan WC+Kamar Mandi Sehat bagi setiap keluarga.

Peletakan batu pertama pembangunan WC Kamar Mandi Warga Dusun IV Desa Tanah Merah oleh Sekcam Kupang Tengah Didampingi Direktur Cirma Indonesia, John Ladjar

Kegiatan tersebut dihadiri Direktur Cirma Indonesia, John Ladjar dan sejumlah staf Cirma. Selain itu juga hadir Sekcam Kecamatan Kupang Tengah, Mantan Kades Tanah Merah, Kaur Pembangunan Desa Tanah Merah, Satpol PP dan pers.

Swipe up untuk membaca artikel

Sebelumnya, CIRMA mencatat ada 98 KK tidak memiliki WC+Kamar Mandi sehat dan 78 KK diantaranya menggunakan WC Kamar Mandi darurat yang terbuat dari bahan lokal [dinding dari pelepah gewang dan beratap daun gewang] dengan kondisi yang sudah tidak layak pakai dan jauh dari standar kesehatan. Sementara 20 KK diantaranya sama sekali tidak memiliki WC+Kamar mandi.

Baca Juga :  16 Napi Anak di Lapas Anak Kelas I A Kupang Bebas

Tim media yang menghadiri langsung kegiatan tersebut di lokasi resetlemen menemukan fakta sebagaimana penjelasan Direktur CIRMA. Diantaranya seperti; sebagian besar WC Kamar mandi warga resetlemen dalam kondisi rusak parah; dinding WC+Kamar Mandi dari bebak mulai runtuh terurai dengan lubang mengaga lebar, tanpa atap atas, closed alakadarnya bahkan pecah-pecah, sebagian lagi hanya ditutupi sehelai kain dimana ternak seperti babi dan anjing serta ayam bisa keluar masuk.

  • Bagikan