ARAKSI Telah Serahkan Bukti Keterlibatan Bupati TTU dan Isteri ke Polda NTT


  • Bagikan
Ketua Araksi, Alred Baun

KORANTIMOR.COM – KUPANG – Aliansi Rakyat Anti Korupsi Indonesia (ARAKSI), telah menyerahkan sejumlah bukti keterlibatan Bupati Timor Tengah Utara (TTU), RSF dan Isterinya, KM (saat ini anggota DPR RI dari Partai Nasdem, red) ke Subdit Tipikor Ditreskrimsus Polda NTT.

Ketua Araksi, Alred Baun

Demikian dikatakan Ketua ARAKSI, Alfred Baun kepada wartawan terkait perkembangan laporan kasus dugaan korupsi Dana Alokasi Khusus (DAK) Bidang Pendidikan Kabupaten TTU Tahun Anggaran 2007 sekitar Rp 47,5 Milyar yang dilaporkannya pada tanggal 5 Mei 2020.

Swipe up untuk membaca artikel

“Semua berkas sudah diserahkan kepada Polda NTT. Kemarin (13/5/20, red) kami serahkan bukti tambahan bukti untuk menjadi bahan penyelidikan uPolda NTT untuk segera membongkar kasus dugaan korupsi yang melibatkan Bupati dan Isterinya,” ungkap Alfred Baun.

Bukti-bukti tersebut, jelas Alfred, antara lain temuan Panitia Khusus (Pansus) DPRD TTU pada tahun 2014. “Dalam temuannya, Pansus DPRD TTU mengungkapkan bahwa DAK pendidikan tahun 2017 sekitar Rp 47,5 M tersebut tidak pernah dialokasikan dalam APBD TTU.

Baca Juga :  Managemen Bank Bukopin Harus Ikut Bertanggungjawab Atas Raibnya Uang Nasabah Senilai Rp 3 M

Ia menjelaskan, pada saat DAK Rp 47,5 M itu dialokasi Pemerintah Pusat pada tahun 2007, DAK itu tidak sempat dialokasikan dalam APBD Perubahan TA 2007. “Entah mengapa dana tersebut tidak dialokir dalam APBD Perubahan. Pada pembahasan APBD Murni TTU TA 2008, pemkab TTU juga tidak mengusulkan dana itu ke DPRD TTU. Tetapi setelah DPRD TTU menetapkan APBD murni TA 2008 pada Desember 2007, Pemkab meminta DPRD TTU memasukkan DAK tersebut dalam APBD Murni TA 2008,” paparnya.

  • Bagikan