Pemkot Kupang Dukung Pembentukan Kelurahan Bersinar

Reporter : pkp
Editor : Redaksi
  • Bagikan
Koran Timor

KOTA KUPANG, KORANTIMOR.COM – Pemerintah Kota Kupang mendukung  penuh terbentuknya Kelurahan Bersih Narkotika (Kelurahan Bersinar). Dukungan tersebut disampaikan Wakil Walikota Kupang dr. Hermanus Man Ketika Peluncuran Tiga Kelurahan Bersih Narkotika yang baru yaitu Kelurahan Naikolan, Kelurahan Naikoten I dan Kelurahan Kayu Putih, yang digelar di Hotel Cahaya Bapa pada hari Selasa (28/06/2022).

“Sebagai pemerintah Daerah, kami juga memiliki komitmen yang tinggi untuk mendukung upaya tersebut. Peringatan Hari Anti Narkotika Internasional ini merupakan bentuk keprihatinan, guna menyadarkan seluruh umat manusia sekaligus membangun solidaritas dalam rangka mencegah dan memberantas penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika yang masih menjadi ancaman bagi kehidupan secara universal,” ujarnya.

Swipe up untuk membaca artikel

Menurut dr. Herman Man, pembentukan Kelurahan Bersinar pada prinsipnya merupakan upaya dari berbagai pihak, termasuk Pemerintah Kota Kupang untuk mengantisipasi secara dini peredaran gelap narkotika di komunitas masyarakat yang paling bawah, misalnya Kelurahan.

“Untuk itu saya menghimbau para Lurah dan seluruh perangkatnya, Para RT dan RW untuk secara intens melakukan deteksi atau identifikasi apabila menemukan gejala penyebaran narkotika di daerahnya masing-masing,” pintanya.

Baca Juga :  FOSIMATA Kota Kupang Gelar Upgrading Pengurus Majelis Taklim se-Kota Kupang

Ia menjelaskan, secara umum keberhasilan Kelurahan bersinar sangat dipengaruhi oleh sejumlah faktor utama, diantaranya adalah Komitmen di semua tingkatan, optimalisasi dan dukungan mitra kerja/ stakeholder, semangat dan dedikasi para pengelola Kelurahan bersinar di seluruh tingkatan wilayah serta petugas lini (relawan anti narkoba, pegiat anti narkoba, agen pemulihan, TP PKK dan petugas lapangan dari instansi terkait) serta yang tidak kalah pentingnya adalah partisipasi aktif dari masyarakat.

Kelurahan Bersinar, lanjutnya, merupakan salah satu upaya pencegahan dan penanganan penyalahgunaan narkotika ditingkat kelurahan yang bertujuan untuk meningkatkan pendampingan masyarakat yang dikelola secara partisipasi, terpadu dan berkelanjutan berbasis pendayagunaan sumber daya di Kelurahan.

“Kota Kupang hari ini sudah cukup terbuka bagi siapa saja yang sudah barang tentu terbuka peluang menjadi salah satu daerah yang menjadi mata rantai perdagangan narkotika,” bebernya.

Untuk itu, lanjutnya lagi, perlu dibangun kemitraan yang strategis sehingga menemukan pola penanganan serta komunikasi yang baik bagi semua pihak.  Karana banyak teori mengatakan bahwa tidak ada keberhasilan tanpa kebersamaan “Mari bergandengan tangan menyelamatkan masyarakat kita dari bahaya Narkotika demi masa depan bangsa dan Negara  ini,” tutupnya.

Baca Juga :  Penjabat Wali Kota Kupang Minta Dukungan Tokoh Agama Untuk Tangani Sampah dan Stunting

Hadir dalam kesempatan itu Kepala BNN Kota Kupang Lino Do Rosario Pereira, Mewakili Kejaksaan Negeri Kupang, Kasipidum Kejari Agus Dedy, SH.,MH, Sekretaris Pegadilan Negeri Klas I Kupang Carles Radja Lawa, SH, Kasdim 1604 Kupang Letkol Inf I Gede Putu Suwardana, S.I.P, Kasat. Narkoba Polres Kupang Kota AKP. Foris Takene, SH, Kepala Kesbangpol Kota Kupang Noce Nus Loa, SH.,M.Si.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Para Camat, Para Lurah Kelurahan Bersinar, Para mantan Kepala BNN Kota Kupang pada masanya, Pimpinan PT. Bintang Tujuh, Para Agen Pemulihan Kelurahan Kayu Putih, Perwakilan Mahasiswa Universitas Kristen Artha Wacana Kupang serta Perwakilan Siswa SMP/ SMA/ SMK Negeri maupun Swasta Kota Kupang. (PKP_jms)

  • Bagikan