Pemkot Kupang Siap Bangun 249 Unit Rumah Swadaya Bagi Warga Kota Kupang

Reporter : pkp/ans
Editor : Redaksi
  • Bagikan
Koran Timor

KUPANG, KORANTIKOR.COM – Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Kupang siap bangun 249 unit bantuan stimulan penyedia rumah swadaya di Kota Kupang selama tahun 2022. Dana pembangunan rumah tersebut merupakan gabungan dukungan Dana Alokasi Khusus (DAK) Pemerintah Pusat dan APBD Kota Kupang.

Hal ini disampaikan Wali Kota Kupang, Dr. Jefirstson R. Riwu Kore, MM, MH, alias Jeriko pada Kamis (12/05/2022) saat menyampaikan Sosialisasi Bantuan Stimulan Penyedia Rumah Swadaya Tahun 2022 di  RT 002 RW 001, Kelurahan Alak.

Swipe up untuk membaca artikel

“Rumah yang dibangun dengan dukungan gabungan antara Dana Alokasi Khusus Pemerintah Pusat dengan APBD Kota Kupang itu akan dibangun di 8 kelurahan di Kota Kupang, antara lain: Kelurahan Penfui 25 unit, Kelurahan Oebobo 20 unit, Kelurahan Kuanino 15 unit, Kelurahan Airnona 32 unit, Kelurahan Oesapa 40 unit, Kelurahan Lasiana 30 unit, Kelurahan Pasir Panjang 17 unit dan Kelurahan Alak 70 unit. Total seluruhnya berjumlah 249 unit rumah,” bebernya.

Baca Juga :  Kecam Pemecatan Masal Sejumlah PAC, Simpatisan Jeriko Demo di Muscab Demokrat

Menurutnya, dalam program tersebut Pemkot Kupang tidak hanya sekedar membangun rumah, tetapi akan melengkapi rumah tersebut dengan sejumlah perabot rumah tangga seperti kursi, meja dan tempat tidur serta kasur sebagaimana program Bedah Rumah Pemkot Kupang sejauh ini.

Kepada warga Alak, Jeriko menjelaskan, bahwa jumlah bantuan rumah swadaya untuk wilayah Alak jauh lebih banyak dari kelurahan lain, karena  Pemkot Kupang menilai kelurahan tersebut membutuhkan perhatian lebih  mengingat wilayahnya yang luas dan jumlah penduduknya yang banyak.

Jeriko mengakui, program bantuan stimulan penyedia rumah swadaya dimaksud memiliki syarat yang lebih berat. Salah satunya adalah penerima wajib memiliki dasar hak rumah. Jeriko juga menyadari saat ini masih banyak warga kota Kupang tinggal menumpang pada tanah milik orang.
Ini akan menjadi perhatian dan target perjuangannya.

Kepada para penerima bantuan tersebut, Wali Kota Kupang itu meminta mereka mengelola bantuan tersebut secara baik, sehingga tidak bermasalah di kemudian hari. Dia berharap pada bulan Desember 2022 mendatang, semua rumah sudah berhasil dibangun.

  • Bagikan