Pergantian 8 Pengurus Lama DPAC Demokrat Malaka Dinilai Tidak Fair dan Di Luar Putusan Rapat

Reporter : Boni
Editor : Redaksi
  • Bagikan
Koran Timor

MALAKA, KORANTIMOR.COM – Usulan penggantian 8 (delapan)  dari 24 (dua puluh empat) calon pengurus baru oleh Waket IV Demokrat Malaka, Egi Atok menjadi Ketua DPAC Demokrat Malaka dinilai tidak fair atau curang. Pergantian itu di luar putusan rapat pleno tim verifikasi Pengurus DPAC se Kabupaten Malaka.

Demikian disampaikan Waket II DPC Partai Demokrat, Simon Seran kepada tim wartawan media ini di Betun, NTT pada Minggu ( 15/5-2022).

Swipe up untuk membaca artikel

“Ini tidak fair. Dalam forum rapat pleno verifikasi  itu sudah diputuskan supaya 10  PAC lama yang masih aktif tersebut  tetap dipertahankan dan 2  PAC yang tidak aktif masing-masing DPAC Kobalima Timur dan Malaka Tengah  supaya diganti. Kita heran sekali kenapa 8 Ketua DPAC yang masih aktif justru digantikan dengan orang-orang baru yang bukan anggota Partai Demokrat. Ini sesungguhnya ada apa?” kritiknya.

Menurutnya, kalau mau fair seharusnya hanya 2 Pimpinan Anak Cabang (PAC) yaitu di Kecamatan Kobalima Timur dan Kecamatan  Malaka Tengah yang diganti karena tidak aktif, bukan delapan. Keputusan itu tertuang di dalam berita acara  rapat pleno tim verifikasi Pengurus DPAC se Kabupaten Malaka dan semua dokumen sudah dibawah tim Verifikasi DPD Partai Demokrat Provinsi NTT.

Baca Juga :  Pesan Pribadi Abdullah Appa Jelang Pengumuman Hasil MUSDA 4 Demokrat NTT Tuai Kritik

“Kita heran sekali kenapa 8 Ketua DPAC yang masih aktif justru digantikan dengan orang-orang baru yang bukan anggota Partai Demokrat. Ini sesungguhnya ada apa? Kita hanya usulkan supaya 2 Ketua DPAC yang tidak aktif itu yang diganti, tetapi saat SK-nya datang  justru ada pergantian Ketua di 8 DPAC. Ini sesungguhnya ada apa?” kritiknya lagi.

Hal senada dikatakan Sekretaris Partai Demokrat Kabupaten Malaka, Paulus Tolan.
Menurut Tolan, dalam rapat pleno verifikasi di sekretariat DPC  yang dihadiri Provinsi,  sudah dimusyawarahkan supaya semua Ketua DPAC yang masih aktif dipertahankan dan hanya mengganti 2 Ketua DPAC yakni Kecamatan Kobalima Timur dan Malaka Tengah yang tidak aktif. Semua dokumen hasil pleno tersebut saat itu juga diambil dan dibawa tim verifikasi dari DPD Provinsi NTT dengan alasan untuk   diplenokan di tingkat DPD Provinsi.

“Tim Verifikasi dari  Provinsi ada 9 orang dipimpin Ketua, Ansel Talok   dan Sekretaris,  Yosti Meol. Setelah rapat  tim verifikasi dari DPD Provinsi NTT ambil  dan bawa semua dokumen dengan alasan untuk   diplenokan di tingkat DPD Provinsi. Terkait usulan calon Ketua baru untuk mendampingi Ketua DPAC lama yang dibawa ke Provinsi, semuanya disiapkan dan diusulkan oleh Egi Atok,” bebernya.

Baca Juga :  Moeldoko ditolak PTUN, Demokrat Klaim Sebagai Kemenangan Rakyat

Waket IV DPC Partai Demokrat Kabupaten Malaka, Egi Atok  ketika dikonfirmasi melalui pesan Whatsapp mengelak.  “Saya sudah bilang, kalau saya tidak mau mengeluarkan pendapat.   Jadi saya mohon kerjasamanya untuk tidak bahas soal saya, jadi maaf tolong dihargai hak saya om ku yang baik hati”, pintanya.

Sekertaris Tim Verifikasi  DPD Partai Demokrat  wilayah Belu, TTU , Malaka, Yosti Meol yang juga dikonfirmasi tim wartawan melalui Whatshapp belum merespon.  (kt/tim)

  • Bagikan