RTO Dalam Safari Ramadhan 1443H

Reporter : Gusna
Editor : Redaksi
  • Bagikan
Koran Timor

KUPANG, KORANTIMOR.COM – Relawan Tho Oghie (RTO) bersafari Ramadhan 1443H dalam tiga bentuk kegiatan. RTO menyalurkan  100paket sembako (beras, mie instan, ikan kaleng, telur, gula pasir, dan teh) di Masjid Agung Nurul Jihad, Desa Tesbatan, Kecamatan Amarasi, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur pada hari Sabtu tanggal 23 April 2022. RTO juga menyalurkan 40 paket sembako dengan isi yang sama untuk masyarakat yang berhak menerima di lingkungan (saudara/tetangga) para pengurus RTO sendiri yang layak menerima paket tersebut.

Iwan, Ketua Panitia Safari Ramadhan 1443H RTO saat diwawancarai mengatakan, sembako yang terkumpul berasal dari donasi para pengurus dan Sahabat RTO. “Alhamdulillah donasi dari para pengurus dan Sahabat RTO melebihi  target awal kami dimana kami menargetkan 40 paket, ternyata dapat terkumpul hingga 140paket,” kata Iwan.

Swipe up untuk membaca artikel

Tidak hanya menyalurkan sembako, RTO juga meluangkan waktu untuk berbuka puasa bersama jamaah Masjid Nurul Jihad. Kurang lebih seratus jamaah ikut dalam acara buka puasa ini.

Baca Juga :  Pengalaman Ajaib William Freyssen Ditolong Jiwa-Jiwa Suci

Safari Ramadhan 1443H RTO dilanjutkan keesokan harinya (Ahad, 24  April 2022) yakni penyaluran paket sembako dan pakaian layak pakai ke lima titik penyaluran di pelosok  Kabupaten Timur Tengah Selatan (TTS).

Titik-titik lokasi penyaluran paket tersebut, antara lain: di Musholah Al Umar (Taenoe), Masjid Al Mujahidin (Oenasi), Masjid Babul Jihad (Tuble’u), Masjid Al Hajru (Eon Ana), dan Masjid Al Istiqomah (Fatukopa). Untuk pelaksanaan kegiatan kedua ini, RTO bersinergi dengan Ikatan Pemuda Sulawesi Selatan (IPSS) So’e-TTS,  untuk paket Sembakonya dan Pimpinan Daerah Persaudaraan Muslimah (PD Salimah) Kota Kupang, untuk paket pakaian dan mainan anak layak pakainya.

“Sinergitas sangat diperlukan untuk penebaran manfaat yang lebih besar dengan jangkauan penerima yang lebih banyak. Pemilihan penyaluran di pelosok Kabupaten TTS ini, karena medan yang sulit sehingga titik-titik tujuan kurang tersentuh donasi,” papar Iwan.

Kegiatan ketiga Safari Ramadhan 1443H RTO ditutup pada Jumat, (29/04) dengan kegiatan bertajuk Ngemall Bareng Anak Yatim/Piatu/Yatim-Piatu/Dhuafa dengan tema “Bersinergi Menebar Sukacita Menyambut Idul Fitri 1443H”.

Baca Juga :  Gunung Kelimutu dan Misteri di Sekelilingnya

Sebanyak 38 anak yatim/piatu/yatim-piatu/dhuafa didampingi berbelanja kebutuhan  hari rayanya di Pusat Perbelanjaan Ramayana, dengan masing-masing anak dibekali uang belanja sebesar Rp 300.000, -.

Setelah berbelanja di Ramayana, anak-anak kemudian dibawa sholat Ashar di Transmart,  kemudian dilanjutkan dengan mengajak mereka menikmati beberapa permainan yang ada di Transmart. Setelahnya, anak-anak tersebut bersama para pendamping diajak berbuka bersama di RM Brotus Container.

Kegiatan ini terlaksana sebagai wujud sinergitas RTO dengan PD Salimah Kota Kupang. Dana sebesar Rp 13,7 juta yang digunakan untuk kegiatan ini  terhimpun dari donasi  para Sahabat RTO dan Sahabat Salimah Kota Kupang selama lima hari pengumpulan.

Kegiatan Ngemall Bareng RTO-PD Salimah Kota Kupang mendapat respon positif dari para wali anak-anak penerima manfaat. Mama Seruni, wali dari Azril berulang-ulang menyampaikan rasa terima kasihnya kepada panitia saking gembiranya.

“ Terima kasih para donatur yang telah berkenan mengajak anak kami ikut kegiatan ini, semoga menjadi keberkahan rejeki, Bapak/Ibu. Kami, wali anak-anak sangat terbantu dengan kegiatan ini,” ucapnya. (Gsn/kt)

  • Bagikan