Erik Rede Tegaskan Tidak Ada Pembatalan SK Pengesahan Wabub Ende

Reporter : Kos
Editor : Redaksi
  • Bagikan
Koran Timor

ENDE- KORANTIMOR.COM – Wakil Bupati Ende, Erikos Emanuel Rede atau Erik Rede menegaskan, bahwa tidak ada dan tidak tahu tentang adanya penarikan/pembatalan Surat Keputusan (SK) Menteri Dalam Negeri (Mendagri) tentang pengesahan pengangkatan dirinya sebagai Wakil Bupati (Wabub) Ende. Ia hanya mengaku tahu, yang ada padanya saat ini adalah SK Pengesahan Pengangkatan dan Perintah Pelantikan dirinya sebagai Wakil Bupati Ende oleh Mendagri. Dirinya sudah dilantik dan saat ini sedang menjalankan tugasnya sebagai Wakil Bupati Ende.

Demikian disampaikan Erik Rede kepada tim media ini melalui sambungan telepon celulernya pada Minggu (27/02/2022), menanggapi kritik publik tentang tidak sah dirinya sebagai Wabub Ende (Wakil Bupati Ilegal, red), karena SK Mendagri Tentang Pengesahan Pengangkatan dirinya sebagai Wabub Ende (27/01/2022) ditarik kembali Mendagri.

Swipe up untuk membaca artikel

“Apakah ada perintah (Pengadilan) untuk membatalkan (SK Pengangkatan Pengesahan dan Pelantikan, red) di situ atau tidak? Sampai hari ini setahu saya kan tidak ada. Saya pun kalau dilantik tanpa dasar SK Mendagri saya tidak akan mau dilantik. Tetapi yang jelas saya dilantik karena ada dasar SK Mendagri itu dan ada perintah pelantikan oleh Mendagri,” tandasnya.

Baca Juga :  Pemda Sabu Raijua Diminta Jual Garam yang Menumpuk

Menurutnya, publik juga dapat mengecek langsung di pengadilan (Mahkamah Agung, red), apakah ada gugatan atau tidak terkait legalitas statusnya sebagai Wabub Ende. SK Mendagri pun hanya dapat dibatalkan oleh Satu SK Mendagri sendiri dan atau SK yang dikeluarkan oleh lembaga yang satu tingkat di atasnya yaitu Presiden atau putusan pengadilan terhadap gugatan dan lain-lain. “Juga bisa dicek di pengadilan, apakah ada gugatan atau tidak? Apakah ada perintah untuk membatalkan di situ atau tidak? Sampai hari ini setahu saya kan tidak ada,” tegasnya lagi.

  • Bagikan