Bupati TTU Tegaskan Pelantikan Kades Nifunenas Sudah Sesuai Aturan

  • Bagikan
Koran Timor

 

KORANTIMOR.COM – KEFAMENANU – Bupati Timor Tengah Utara (TTU), Drs. Djuandi David menegaskan, bahwa pelantikan Kepala Desa Nifunenas, Kecamatan Insana Barat, Albertus Metboki sudah sesuai aturan atau mekanisme proses pemilihan Kepala Desa, sebagaimana petunjuk Perda Kabupaten TTU Nomor 10 Tahun 2014 Tentang Tata Cara Pengangkatan dan Pemberhentian Kepala Desa. Bupati Djuandi David bahkan membantah tudingan BPD Desa Nifunenas tentang pelantikan Kades Nifunenas, Albertus Metboki tanpa proses pemilihan.

Swipe up untuk membaca artikel

Demikian disampaikan Bupati TTU, Djuandi David melalui telepon celulernya ketika dikonfirmasi tim media ini pada Jumat (26/11/2021) pukul 14.12 Wita terkait polemik pelantikan Kepala Desa Nifunenas, Albertus Metboki periode 2021-2027.

“Saya juga menyesal (kecewa, red) dengan pernyataan itu (Albertus Metboki dilantik Bupati TTU tanpa melalui proses pemilihan kepala desa, red),” ungkapnya.

Menurut Bupati Djuandi, proses pemilihan kepala desa Nifunenas pada 11 September 2019, sudah mengikuti ketentuan yakni peraturan Perda. Prosesnya, mulai dari pembentukan panitia pemilihan kepala desa Nifunenas dan sesudah itu panitia mulai bertugas melakukan penjaringan/seleksi calon kades dengan semua persyaratan sebagaimana ketentuan Perda. Lalu, panitia menetapkan calon kades untuk mengikuti kontestasi pemilihan kepala desa hingga dilakukan pemilihan kepala desa.

Baca Juga :  Polda NTT Lidik Dugaan Korupsi DAK Pendidikan TTU Senilai Rp 47,5 M

“Hasil pemilihan saat itu, yang menang adalah Albertus Metboki. Dia adalah mantan Kepala Desa Nifunenas dan Dia mengikuti kontestasi pemilihan Kades Nifunenas, dan ia lolos atau terpilih. Sudah lolos (terpilih, red), tetapi tindaklanjut hasil pemilihan tidak disampaikan (oleh panitia pemilihan kepala desa dan BPD Desa Nifunenas, red) ke Bupati untuk selanjutnya dikeluarkan SK untuk dilantik,” jelas Djuandi.

  • Bagikan