Dekranasda NTT dan Kemenham RI Buat Pelatihan 1.000 Ti’i Langga Libatkan 100 Milenial

  • Bagikan
Koran Timor

KUPANG – KORANTIMOR.COM – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) bekerja sama dengan Kementrian Pertahanan (Kemenham) RI menggelar kegiatan pelatihan pembuatan 1.000 topi Ti’i Langga. Pelatihan tersebut, melibatkan 100 milenial di Kabupaten Kupang dan Rote Ndao selama bulan Agustus dan September.

Demikian disampaikan Marcelina Kopong selaku penanggungjawab Ti,i Langga dalam rilis tertulis yang dikeluarkan Dekranasda NTT pada Jumat (08/10/2021).

Swipe up untuk membaca artikel

“Pada bulan Agustus selama 6 hari dan bulan September selama 10 hari dan selanjutnya para peserta akan melanjutkan pembuatan topi Ti,i Langga dari rumah masing-masing,” tegas Marcelina.

Menurutnya, pelatihan tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan dalam memproduksi kerajinan industri Ti,i Langga. Sedangkan, pelibatan kaum milenal dalam kegiatan pelatihan tersebut lebih pada alasan, bahwa generasi milenial di Pulau Rote dan Kabupaten Kupang kenyataannya tidak terlalu berminat untuk menggeluti dan mengembangkan produk turunan leluhur Rote Ndao ini. Sementara, faktanya Ti’i Langga merupakan topi khas Rote Ndao, yang berbahan utama daun pohon lontar.

Baca Juga :  Julia Laiskodat Siap Dukung Alat dan Benang Hingga Modal dan Pasar Bagi Produk Tenun Ikat Pelajar SMANSA

Topi tersebut, lanjutnya, bentuknya yang unik punya arti dan makna mendalam tentang persatuan. Hal tersebut terlihat dari bentuk anyamannya yang begitu erat.

Namun, alasan lain yaitu proses pembuatannya juga cukup rumit dan ketika selesai diproduksi, kendala lain yaitu pemasarannya. Apalagi Ti’i Langga lebih banyak diproduksi hanya untuk kepentingan adat dan acara resmi pemerintah.

  • Bagikan