PT. SMI Setujui Pinjaman Dana Rp 1,003 Trilyun Untuk Pembangunan Infrastruktur

  • Bagikan
Koran Timor

 

KORANTIMOR.COM – KUPANG – Pemerintah Pusat (Pempus) melalui PT. Sarana Multi Infrastruktur (SMI) menyetujui pinjaman senilai Rp 1,003 Trilyun untuk pembangunan infrastruktur jalan, embung dan air bersih.

Swipe up untuk membaca artikel
Kadis PUPR NTT, Ir. Maksi Nenabu., MT

Demikian dikatakan Kepala Dinas (Kadis) Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) NTT, Ir. Maksi Nenabu, MT kepada media ini, Jumat (13/8/21) saat dikonfirmasi melalui telepon selularnya.

“Pempus melalui PT. SMI telah menyetujui proposal Pemprov NTT senilai Rp 1,003 Trilyun untuk pembangunan infrastruktur jalan, embung dan air bersih,” ujarnya.

Menurut Kadis Maksi Nenabu, prosesnya sudah melalui tahap I, penandatanganan persetujuan kontrak pada tanggal 3 Agustus 2021. “Tadi (Jumat, 13/821), Pak Gubernur sudah tandatangani proses kontrak tahap II secara virtual.,” ujarnya.

Menurut Nenabu, kontrak pinjaman tersebut bersifat multiyears sehingga pelaksanaannya bisa sampai ke tahun 2022. “Dengan dana tersebut, Dinas PUPR NTT akan menyelesaikan pekerjaan peningkatan jalan provinsi sepanjang 585 km (dari total 906 km, red) yang menyebar di seluruh wilayah NTT di tahun 2021,” ucapnya.

Baca Juga :  Dinas PUPR NTT Berupaya Perbaiki 1.000 Km Jalan Provinsi Dalam 2 Tahun

Dijelaskan, total panjang jalan provinsi yang ditangani tahun 2921 sekitar 585 km. “Yang akan dibiayai dari pinjaman PT. SMI tersebut, sepanjang 491 km. Sedangkan sisanya akan dibiayai dari Dana Alokasi Khusus (DAK) sepanjang 19 km dan dari PHJD (Program Hibah Jalan Daerah) sepanjang 75 km,” rincinya.

  • Bagikan