Gegara Jual Aset Kepada Debitur Bank NTT, SS Dituntut 18,5 Tahun Penjara

  • Bagikan
Koran Timor
Tim Kuasa Hukum terdakwa Yohanis Sulayman, Dr. Melkianus Ndaomanu, SH, M.Hum, Cindra Adiano, SH, MH, CLA dan Nurmawan Wahyudi, SH, MH dari Kantor Hukum Amos H.Z. Taka & Associates

KORANTIMOR.COM – KUPANG –

Gegara menjual asetnya kepada calon debitur Bank NTT dan memperkenalkannya kepada pihak Bank NTT, Jaksa Penuntut Umum (JPU) menuntut seorang nasabah Bank NTT, Stefanus Sulayman/SS (bukan debitur/bukan penerima kredit, red) dengan hukuman penjara selama 18,5 tahun, membayar denda Rp 1 M subsider 6 bulan penjara dan membayar ganti kerugian negara senilai Rp 60,6 Milyar dalam 1 bulan, subsider 14 tahun penjara.

Hal itu terungkap dalam sidang dengan agenda pembacaan tuntutan terhadap terdakwa Stefanus Sulayman (SS) oleh Tim JPU yang dibacakan Jaksa Hendrik Tiip. Sidang kasus dugaan korupsi Kredit Macet Bank NTT tersebut dipimpin Ketua Majelis Hakim Dju Johnson Mira Manggi, SH, M.Hum didampingi anggota Majelis Hakim Ali Muhtarom, SH, MH dan Ari Prabowo, SH di Pengadilan Tipikor Kupang, Kamis (17/11/20) siang.

Swipe up untuk membaca artikel

Tim Kuasa Hukum Stefanus Sulayman, Dr. Melkianus Ndaomanu, SH, M.Hum, Chindra Adiano, SH, MH, CLA, Nurmawan Wahyudi, SH, MH dari Kantor Hukum Amos H.Z. Taka & Associates yang ditemui wartawan usai sidang mengaku terheran-heran dengan tuntutan Tim JPU yang fantastis tersebut. Mereka menilai tuntutan tersebut tidak sesuai dengan fakta persidangan yang sebenarnya.

Baca Juga :  Pengadilan Negeri Larantuka Didesak Segera Eksekusi Aset Mitra Tiara dan Niko Ladi, cs

“Pak Stefanus Sulayman ini nyata-nyata bukan debitur macet Bank NTT. Dia hanya mengenalkan beberapa orang dan mengenalkan dalam konteks ini sebagai nasabah. Itu dibenarkan oleh pihak perbankan dan itu tidak ada masalahnya. Artinya dalam bisnis, mengenalkan itu tidak masalah. Sebatas mengenalkan saja dituntut setinggi ini, sefantastis ini! Korupsinya dimana? Kan itu yang kita sesalkan,” tandas Chindra Adiano, SH, MH, CLA.

  • Bagikan