Serangan Buaya di TWAL Teluk Kupang Mendapat Perhatian Serius BBKSDA NTT

  • Bagikan
Koran Timor

KORANTIMOR.COM – KUPANG –

Kasus serangan buaya terhadap warga pesisir Kelurahan Fatubesi, Kecamatan Kota Lama pada Kamis (22/10/2020) dengan korban (Hendrikus Duka Mete) seorang nelayan lokal mendapat perhatian serius Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Selain memasang dan menambah papan himbauan lebih banyak di pesisir Teluk Kupang, BBKSDA NTT juga melakukan pengawasan dan memasang Perangkap Apung (Floating Traps), mengingat buaya muara masih berkeliaran di sekitar lokasi tersebut.

Demikian disampaikan Kepala BBKSDA NTT, Ir. Timbul Batubara., M.Si melalui Siaran Pers (Sipers No.S. 1395 /K.5/TU/HMS.3/11/2020) yang diterima tim media ini pada Jumat (13/11/2020).

Swipe up untuk membaca artikel

“BBKSDA NTT juga berkoordinasi dengan Tokoh Adat, Tokoh Agama, Lurah dan Aparat serta Tokoh Masyarakat sekitar Teluk Kupang mengingat buaya dan manusia memiliki hubungan kosmologis dan mistis oleh kelompok masyarakat tertentu. BBKSDA NTT pun meminta warga masyarakat di sekitar area Taman Wisa Alam Laut (TWAL) untuk selalu waspada dan hati-hati dalam beraktifitas di area tersebut,” ujarnya.

Baca Juga :  Jadi Tuan Rumah HKAN 2021, NTT Promosi Kekayaan Alam dan Budaya dan Target Perputaran Ekonomi

Menurut Timbul Batubara, pihak BBKSDA NTT telah menyampaikan sosialisasi melalui Pro-3 RRI NTT dan menghimbau kepada semua pihak dan khususnya kepada masyarakat, khususnya yang beraktifitas di Pantai Teluk Kupang agar lebih meningkatkan kewaspadaan dan berhati hati beraktifitas,” tulisnya.

Lebih dari itu, Timbul Batubara meminta masyarakat setempat menghindarkan ternak peliharaannya berkeliaran di tepi pantai Teluk Kupang. Ia juga meminta masyarakat tidak membuang bangkai dan sisa makanan serta daging atau ikan ke pesisir pantai, karena aroma amis akan mengundang buaya muara datang ke lokasi tersebut . “Kepada masyarakat umum bilamana menjumpai adanya kemunculan Buaya Muara di sekitar pantai Teluk Kupang, khususnya agar segera menghubungi Call Center BBKSDA NTT Nomer 08113810499,” imbuhnya.

  • Bagikan