Gubernur NTT Berupaya Wujudkan Sumba Sebagai Pusat Listrik Tenaga Surya

  • Bagikan
Koran Timor
KORANTIMOR.COM – KUPANG –

Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL) terus berupaya untuk mewujudkan Pulau Sumba sebagai pusat energi baru dan terbarukan khususnya dalam pengembangan listrik tenaga surya. Sebab Sumba merupakan Daerah dengan panas sinar matahari terbaik di Indonesia, dan punya potensi besar untuk memasok kebutuhan listrik ke pulau Jawa dan Sumatera.

Demikian disampaikan Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi NTT, Marius Ardu Jelamu saat memberikan keterangan pers di Kantor Gubernur NTT pada Senin (5/10/2020).

Swipe up untuk membaca artikel

“Bapak Gubernur berinisiatif untuk jadikan Sumba sebagai Pusat Listrik Tenaga Surya (PLTS) untuk Indonesia. Inisiatif ini dinamakan Dari Sumba Menuju Indonesia. Dan berdasarkan riset ilmiah, Sumba layak untuk itu karena punya potensi sinar matahari terbaik di Indonesia. Hal ini juga sudah disampaikan oleh Bapak Gubernur kepada Bapak Presiden Jokowi saat kunjungan Presiden ke Labuan Bajo baru-baru ini (Kamis,1 Oktober 2020) ,” jelasnya.

Marius Jelamu mengatakan, untuk tahap awal, rencananya akan dikembangkan listrik tenaga surya berkekuatan 20 ribu megawatt. Dengan kapasitas tersebut, kebutuhan listrik di NTT, NTB, Bali dan Jawa dapat terpenuhi, yang pada akhirnya akan berdampak pada peningkatan ekonomi NTT.

Baca Juga :  Dukung Pembangunan Ekonomi Kerakyatan, Bank NTT Perkenalkan Aplikasi Agree

“Kami mengharapkan agar para Bupati di daratan Sumba bersama dengan para tokoh masyarakat serta tokoh agama mulai melakukan dialog dengan masyarakat agar tidak ada lagi permasalahan lahan dalam mewujudkan rencana ini,” ujarnya.

  • Bagikan