BBKSDA NTT Gelar Diskusi ‘Harmonisasi Alam dan Peradaban Suaka Margasatwa Kateri’

  • Bagikan
Koran Timor

KORANTIMOR.COM – KUPANG – Bala Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menggelar temu diskusi bertema ‘Harmonisasi Alam dan Peradaban Suaka Margasatwa Kateri’ bersama kelompok masyarakat, perangkat desa dan Forkompimda Kecamatan Malaka Tengah untuk menangani tenurial (=persoalan klaim hak pengelolaan atas suatu lahan/hutan) kawasan Suaka Margasatwa (SM) Kateri, Kecamatan Malaka Tengah, Kabupaten Malaka.

Demikian dikatakan Kepala BBKSDA NTT, Ir. Timbul Batubara, M.Sc melalui Siaran Pers Humas BBKSDA NTT (Sipers Nomor: S. 1139 /K.5/TU/HMS/9/2020) yang diterima tim media ini pada Jumat (11/09/2020) di Kupang.

Swipe up untuk membaca artikel

“Aktivitas ini dilaksanakan untuk merumuskan rencana aksi penyelesaian tenurial di SM Kateri secara detail. Hasil pertemuan cukup positif dan mendapat respon yang baik dari banyak pihak. Perwakilan masyarakat eks pengungsi Timor-Timur menyambut baik diskusi tersebut. Mereka menyampaikan keinginan-keinginan mereka untuk dapat tetap diberikan akses pemanfaatan lahan di dalam kawasan Suaka Margasatwa Kateri, sambil melakukan pemulihan ekosistem, serta lebih lanjut berupaya mengembangkan pariwisata minat khusus di wilayah tersebut” jelasnya.

Baca Juga :  BBKSDA NTT Selamatkan Penyu Belimbing Raksasa

Pertemuan diskusi itu, lanjutnya, dilaksanakan di Aula BBKSDA NTT pada Rabu (09/09/2020) dengan dihadiri tim penanganan tenurial dari Direktorat Kawasan Konservasi Direktorat Jendral KSDAE Kementerian LHK dan tim supporting dari USAID-BIJAK dan Kemitraan/Partnership. “Series diskusi ini berlangsung sepanjang hari untuk merumuskan rancangan awal langkah tindak penanganan SM Kateri, yang selanjutnya akan digunakan sebagai bahan diskusi di tingkat lapangan bersama masyarakat. Pada hari berikutnya, tim gabungan berangkat ke Atambua dan selanjutnya menuju Betun, Kabupaten Malaka,” jelasnya.

  • Bagikan