Willy Lay: Pariwisata dan Budaya Jadi Leading Sector Pembangunan di Kabupaten Belu

  • Bagikan
Bupati Belu, Willy Lay

KORANTIMOR.COM – ATAMBUA – Pemerintah Kabupaten Belu (Pemkab) Belu di era kepemimpinan dan JT. Ose Luan menempatkan pengembangan pariwisata dan kebudayaan sebagai leading sektor pembangunan ekonomi masyarakat Kabupaten Belu.

Bupati Belu, Willy Lay

Demikian dikatakan Bupati Belu, Willybrodus Lay (sebagaimana dilansir dari portal mediantt.com) saat sambutannya pada Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republi Indonesia ke – 75 di halaman Kantor Bupati Belu pada Senin (17/08/2020).

Swipe up untuk membaca artikel

“Terdapat sejumlah objek wisata baru unggulan yang di persiapkan untuk mendukung program ring of beauty provinsi NTT, antara lain; wisata alam dan budaya serta Wisata Rohani yang masih membutuhkan penataan lebih lanjut, guna meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara,” tandasnya.

Menurut Bupati Willy Lay, progres pencapaian pemerintah terhadap program pembangunan Kabupaten Belu antara lain fokus pada pembangunan sektor pariwisata dan kebudayaan.

Oleh karena itu, langkah pertama dalam menunjang program tersebut ialah penguatan sumber daya manusia masyarakat dan aparatur sipil negara. “Peningkatan kualitas sumber daya manusia untuk menjawab pasar tenaga kerja dilakukan melalui pelatihan usaha kecil menengah, pelatihan tenun ikat, pelatihan pencelupan benang, pelatihan meubeler, pelatihan kelompok nelayan, pelatihan ketrampilan petani, pelatihan pengolahan sampah plastik, pelatihan peningkatan kapasitas aparatur kabupaten/desa,” ujarnya.

Menurut Willy Lay, cita-cita kemerdekaan Indonesia mewujudkan kesejahteraan rakyat secara berkelanjutan. Itu memerlukan perjuangan dan pengorbanan secara terus menerus. Oleh karena itu mengharuskan seluruh Rakyat Indonesia terdidik, cerdas, sehat, terampil dan produktif sehingga tercipta SDM yang unggul dan terampil.
Untuk itulah pada peringatan HUT ke-75 Pemerintah RI mengambil tema “Indonesia Maju” bersatu melangkah maju menuju kesejahteraan bersama, hanya dengan kerja maka kita akan melangkah maju dapat meraih masa depan nan jaya,” ucapnya.
Semangat inilah, lanjut Willy Lay, yang saya harapkan tertanam dalam jiwa seluruh Masyarakat Belu dan mempraktekkannya mulai dari diri sendiri, keluarga, rukun tetangga, rukun warga, kampung, desa, kecamatan, sekolah, kantor dan perusahaan, sehingga seluruh kekuatan yang ada di Kabupaten Belu ini bekerja bersama, bersatu melangkah maju.
“Kita semua percaya bila seluruh lembaga dan desa maju maka belu akan maju, bila seluruh Kabupaten dan Kota maju maka sebuah provinsi akan maju selanjutnya bila seluruh provinsi maju maka Negeri kita akan maju,” ungkapnya.

Willy Lay juga menyinggung perihal pertumbuhan ekonomi Daerah yang dipimpinnya (Kabupaten Belu, red), bahwa dalam beberapa tahun terakhir ini, laju pertumbuhan ekonomi mengalami fluktuasi yakni pada tahun 2018 mencapai 5,71%, dimana pada tahun-tahun sebelumnya (tahun 2017) sebesar 5,8% dan (tahun 2016) sebesar 5,76%.

  • Bagikan