Dinas PUPR NTT Berupaya Perbaiki 1.000 Km Jalan Provinsi Dalam 2 Tahun

  • Bagikan
Koran Timor

KORANTIMOR.COM – KUPANG – Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) NTT berupaya untuk memperbaiki dan meningkatkan sekitar 1.000 Km jalan propinsi yang rusak. Upaya keras Dinas PUPR NTT itu untuk mewujudkan janji Gubernur/Wakil Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat – Josef Nae Soi kepada masyarakat NTT yang sangat membutuhkan akses jalan layak.

Demikian dikatakan Kepala Dinas PUPR NTT, Maxi Nenabu kepada Tim Media ini terkait pelaksanaan kegiatan pembangunan jalan provinsi yang dibiayai oleh dana pinjaman dari Bank NTT Rp 150 Milyar dan PT. Sarana Multi Infrastruktur (Persero) sekitar Rp 189 Milyar untuk membiayai pembangunan sekitar 300 km jalan provinsi NTT pada tahun 2019.

Swipe up untuk membaca artikel

“Kami sebagai instansi teknis berupaya kerja keras dengan berbagai kiat untuk mewujudkan keinginan Bapak Gub dan Wagub untuk memperbaiki sekitar 1.000 km jalan provinsi yang rusak saat ini dan untuk menjawab kebutuhan masyarakat NTT terhadap akses jalan yang memadai,” ujar Kadis Nenabu.

Sesuai rencana, lanjut Nenabu, penyelesaian pekerjaan perbaikan sekitar 1.000 km jalan provinsi itu akan dilaksanakan dalam 2 s/d 3 tahun anggaran. “Sesuai rencana, kami akan diselesaikan perbaikan sekitar 906 km jalan provinsi pada Tahun Anggaran 2020-2021. Mungkin akan ada sedikit ruas yang belum tercover, tapi akan diselesaikan di tahun 2022. Jadi dipastikan pada tahun 2022 sudah diselesaikan seluruhnya,” tandasnya.

Menurut Nenabu, untuk menyelesaikan perbaikan jalan provinsi sekitar 1.000 km tersebut dibutuhkan dana hingga sekitar Rp 4 Trilyun. “Namun kendala kita adalah keterbatasan dana. Kalau jalan propinsi itu kita kerjakan dengan kontruksi HRS (aspal Hotmix, red) maka dibutuhkan dana sekitar Rp 3,8 M per km. Kita sudah upayakan melalui pinjaman, namun tetap tidak cukup,” jelasnya.

Baca Juga :  Menuju NTT Sejahtera, Bank NTT Buka Jejaring Usaha Berbasis Digital
  • Bagikan