Rayakan HKAN Tahun 2020, BBKSDA NTT Gelar Aksi Bersih Sampah di TWA Oenaek Camplong

  • Bagikan
Koran Timor

KORANTIMOR.COM – KUPANG – Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menggelar aksi membersihkan sampah di kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Oenaek Camplong dalam rangka merayakan Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) pada Senin (10/08/2020).

Kegiatan tersebut menggandeng sejumlah mitra BBKSDA NTT yakni; Masyarakat Mitra Polhut (MMP), Kader Konservasi, PDAS Noelmina-Benenaen, pegawai BBKSDA NTT, Perwakilan masyarakat yang tinggal di sekitar area TWA Oenaek Camplong, Tokoh Adat dari Gunung Mutis dan insan pers.

Swipe up untuk membaca artikel

Dari aksi tersebut, peserta berhasil mengumpulkan 1.050 kilogram sampah plastik yang diangkut dan dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) Kota Kupang. BBKSDA NTT juga membagikan anakan pohon (mangga dan salam) kepada peserta untuk ditanam sebagai bentuk partisipasi dalam mendukung upaya konservasi alam yang digalakan pemerintah (BBKSDA, red).

Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Provinsi Nusa Tenggara Timur (BBKSDA NTT), Timbul Batubara pada kesempatan bicaranya mengungkapkan bahwa Konservasi Alam Nasional merupakan bagian dari upaya serius Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sesuai amanah Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2009 Tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistem tanggal 10 Agustus tahun 1990.

Baca Juga :  BBKSDA NTT Sigap Tangani Kebakaran Hutan dan Lahan CA Wae Wu’ul Kecamatan Komodo Mabar
Kepala BBKSDA NTT, Timbul Batubara
“Tujuannya untuk menjamin kelestarian manfaat yang berkesinambungan dan perlindungan ciptaan Ilahi yang memiliki manfaat besar bagi kelangsungan hidup manusia,” tandas Timbul Batubara.

Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistem, lanjut Timbul Batubara, juga mengemban amanah strategis dan penting dalam menjaga kelestarian keanekaragaman hayati sebagai modal dasar pembangunan Nasional di kanca global.

  • Bagikan