Edukasi Parawisata di NTT Dibalik Sumba Heritage Fashion Carnival 2019

  • Bagikan
Koran Timor

KORANTIMOR.COM – KUPANG – Event akbar Sumba Heritage Fashion Carnival 07 November 2019 (SHFC 2019) telah kurang lebih 8 bulan berlalu. Namun keindahan alam, warna-warni tenun ikat tradisional, kesenian, produk kerajinan tangan, kuliner lokal, adat dan budaya Sumba yang unik tetap membekas diingatan. Alam dan kebudayaan Sumba menjadi magnet yang mengagumkan dan menarik pengunjung/wisatawan berdatangan ke Sumba. Kekayaan alam dan budaya Sumba yang ditampilkan melalui event tersebut sekaligus tantangan yakni tanggungjawab moral dan edukasi budaya bagi masyarakat Sumba dan masyarakat NTT pada umumnya untuk menjaga dan melestarikan alam dan budaya lokal, khususnya alam dan kebudayaan masyarakat Sumba.

SHFC 2019 meninggalkan kesan yang menarik dan semarak serta bermartabat dan edukatif tentang keindahan parawisata di bumi Provinsi Nusa Tenggara Timur. Masyarakat Sumba dan semua tamu undangan dari berbagai daerah di NTT (baik pejabat daerah, seniman, masyarakat biasa), wisatawan; baik dalam negeri maupun luar negeri yang hadir pun terpesona. Semuanya berjalan dalam nuansa penuh persaudaraan dan keakraban serta kekeluargaan.

Momentum tersebut juga dimaknai sebagai perwujudan dari rasa cinta masyarakat Nusa Tengara Timur dan masyarakat Sumba pada khususnya terhadap tradisi dan budaya. Kita menghormati dan menghargai Warisan Leluhur yang hidup dan berakar di dalam komunitas-komunitas masyarakat Pulau Sumba dan masyarakat di Provinsi Nusa Tenggara Timur pada umumnya.

  • Bagikan