Pesona Wisata Taman Nasional Komodo: Kekayaan Alam NTT Berkelas Premium di Dunia

  • Bagikan
Koran Timor
Komodo (varanus komodoensis)

KORANTIMOR.COM – KUPANG – Taman Nasional Komodo (TNK) yang terletak di Pulau Komodo Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur menyimpan kekayaan wisata alam bernilai tinggi dan ekslusif (premium, red) di dunia, karena keberadaan Komodo (biawak raksasanya) yang menarik wisatawan dalam negeri maupun luar negeri.

Komodo (varanus komodoensis)

Disebut Taman Nasional Komodo (TNK) karena disana (Pulau Komodo, red) exist binatang terlangkah di dunia yakni Komodo atau Varanus Komodoensis dilindungi. Komodo memiliki panjang 2-3 m dan berat mencapai 165 kg, atau 100 kg saat perut kosong. Komodo (Varanus komodoensis) merupakan spesies purba dan langka yang hampir punah sehingga keberadaannya sangat dilindungi. Karena keunikan dan kelangkaannya, Taman Nasional Komodo dinyatakan sebagai World Heritage Site dan Man and Biosphere Reserveoleh UNESCO tahun 1986.

Swipe up untuk membaca artikel

Nama Komodo mengacu pada nama tempatnya yakni Pulau Komodo. Masyarakat lokal setempat menyebutnya ora, dikawasan lain disebut mbou/mbau,rugu, atau buaya darat. Dalam bahasa Inggris disebut komodo dragon. Komodo memiliki sebaran yang terbatas yakni di Pulau Komodo, Rinca, Nusa Kode, dan Gili Motang. Keempat pulau tersebut termasuk ke dalam wilayah Taman Nasional Komodo. (BBKSDA NTT 2017, Panduan Lapangan Biawak Komodo).

Baca Juga :  Dinas PUPR NTT Dapat Dana PEN Rp 1,07 T, Jalan Provinsi Dituntaskan

Taman Nasional Komodo mencakup 3 pulau utama yaitu Pulau Komodo, Rinca, dan Padar, banyak juga pulau-pulau kecil lainnya yang jika dijumlahkan memiliki luas tanah 603 km². Total luas Taman Nasional Komodo saat ini adalah 1.817 km². Diperluas hingga 25 km² (Pulau Banta) dan 479 km² perairan laut akan menghasilkan total luas hingga 2.321 km².
Selain biawak Komodo, di kawasan Taman Nasional Komodo, pengunjung juga dapat menemukan kuda, banteng liar, rusa, babi hutan jantan, ular, kera, dan berbagai jenis burung. Taman Nasional Komodo juga memiliki biota bawah laut yang menakjubkan yang dikalangan penyelam mengatakan bahwa perairan Komodo adalah salah satu tempat menyelam terbaik di dunia.

  • Bagikan