PMKRI Kupang: Sebagai Anggota Polisi, Leo Tunga Harus Menghormati Karoline Sebagai Perempuan

  • Bagikan
Adrianus Oswin Goleng, Ketua Presidium Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) St. Fransiskus Xaverius Cabang Kupang

KORANTIMOR.COM – KUPANG – Leo Tunga (LT) lupa, ia adalah seorang anggota polisi yang dimanapun berada, selalu melekat dalam dirinya tugas dan tanggungjawab memelihara keamanan dan ketertiban dalam masyarakat dan mengayomi masyarakat. Sudah seharusnya LT juga menghormati Karoline Lede (KL) sebagai masyarakat yang adalah seorang perempuan. Leo lupa menghargai hak-hak dan status perempuan KL yang harus ia lindungi dan ayomi.

Adrianus Oswin Goleng, Ketua Presidium Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) St. Fransiskus Xaverius Cabang Kupang

Demikian penegasan Adrianus Oswin Goleng, Ketua Presidium Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) St. Fransiskus Xaverius Cabang Kupang kepada media ini pada Senin (25/05/2020) pukul 18.00 Wita lewat WhatsApp.

Swipe up untuk membaca artikel

Kepolisian secara lembaga maupun personal, lanjut Oswin, keberadaanya adalah mitra bagi masyarakat. Mitra, berarti sedia menjadi rekan dan sahabat bagi semua orang dalam susah dan senang, dalam untung dan malang tanpa jurang pemisah. Setiap aparatur polisi, saat menjalankan tugas dan keberadaanya dalam lingkup masyarakat, wajib memberi tauladan, bersifat responsif dan umum dalam format pendekatan humanis untuk menciptakan rasa aman, tertib, damai, dan adil sesuai norma yang berlaku, sebagai mana spirit melindungi, melayani, dan mengayomi dengan mengedepankan prinsip “promoter” (profesional, moderen, terpercaya).

Oswin, panggilan akrab pemuda ini mengatakan bahwa, akan terancam manakala wajah polisi justru berubah menjadi sosok menakutkan, menjadi “serigala bagi sesama”. Berlaku semena-mena dengan memanfaatkan posisi dan jabatan untuk melancarkan serangan, berupa menekan dan memaksa seseorang hanya untuk memenuhi keinginan dan kehendak pribadi maupun kelompok dengan dalil penegakan hukum ranah penyelidikan dan penyidikan.

  • Bagikan