Estetika Dalam Desain

  • Bagikan

Oleh: Yeremias M. Pell., ST., M.Eng
Program Studi Teknik Mesin Fakultas Sains dan Teknik Undana

Swipe up untuk membaca artikel

Posted on May 13, 2020

 

KORANTIMOR.COM – KUPANG –

Suatu desain yang baik akan memberikan kenyamanan. Kenyamanan diperoleh dari bentuk, warna, tekstur, dan rasa. Dengan kata lain desain harus dapat memberikan kepuasan kepada penggunanya.

Dalam bidang rekayasa material, material mempunyai peran penting dalam hal desain, apapun itu produknya. Material logam pada abad lalu, memungkinkan membentuk struktur yang tidak mungkin dibangun sebelumnya seperti; besi cor digunakan di The Crystal Palace; Besi tempa digunakan di Menara Eiffel; Baja tarik digunakan di The Golden Gate Bridge; tak dapat disangkal semuanya indah. Polimer digunakan untuk mencerahkan warna, bentuk yang memuaskan dan bentuk yang terbaik. Ini memberikan konsep baru dalam perancangan.

Beberapa contohnya antara lain, peralatan dapur, radio dan CD-players, telepon, hair dryers, vacuum cleaners, dan yang berkembang pesat saat ini yaitu laptop, note book, tablet, hand phone dengan sistem android, smartphone dan sebagainya, membuat penggunaan material lebih ekstensif dan imajinatif dalam mengikuti trend model, berat, dan bentuk serta berbagai aplikasi vitur, sesuai keinginan pengguna.

Tahapan awal dalam desain harus dilakukan secara sistematis, terencana dan terukur untuk dapat memilih material dan prosesnya secara tepat. Sistematis berarti dilakukan kangkah demi langkah, tidak melompat dan tidak boleh salah.

  • Bagikan