Malaka Bangkit, Malaka Bermartabat dan Malaka Sejahtera Bersama EB-RTS

  • Bagikan
Koran Timor

KORANTIMOR.COM – MALAKA – Paket (EB-RTS) atau Emanuel Bria dan Roy Tei Seran mendorong apa yang disebut “Malaka Bangkit” sebagai visi besarnya dan EB-RTS juga mengharapkan ‘Malaka Bangkit’ menjadi visi besar bersama semua masyarakat Malaka. “Kita ingin melihat sebuah Kabupaten Malaka Yang Bangkit, Bermartabat dan Sejahtera,” ungkap EB kepada media ini Rabu (6/5/2020).

Menurutnya, kita tidak bisa bangkit jika kita tidak memiliki SDM yang unggul dan bermartabat. SDM yang dimaksudkan disini ialah soal pendidikan dan kesehatan. Pendidikan yang dimaksud ialah pendidikan formal dan nonformal, seperti; pelatihan-pelatihan, peningkatan skill dan keterampilan-keterampilan yang relevan dengan dunia kerja hari ini. Lalu soal kesehatan, EB-RTS pastikan akan terus mendorong inisiatif-inisiatif baik pendidikan yang ada sekarang, dan kedepannya EB-RTS akan fokus pada aspek-aspek pencegahan berkaitan dengan kesehatan masyarakat (public health).

Swipe up untuk membaca artikel

Eman Bria atau EB menarik sebuah pengalaman kongkrit kisah pengalaman kongkrit teman-teman dokternya di Cuba yang bergeliat dalam pelayanan akses kesehatan masayarakat di negara tersebut. “Dulu saya memiliki teman-teman dokter di Cuba yang cukup memberikan inspirasi terkait pembangunan kesehatan masyarakat (puclic health). Cuba itu sebuah negara kecil di Amerika Latin tetapi memiliki human developmen index (indeks pembangunan manusia) yang cukup tinggi. Grafik pendidikan dan kesehatannya sangat tinggi. Di bidang kesehatan mereka lebih fokus pada aspek pencegahan. Dokter yang bertugas/tinggal di desa, setiap hari mengunjungi setiap keluarga atau masyarakat dan memperhatikan aspek higyne, kebersihan, kesehatan masyarakat, dsb. Oleh karena mereka terjun langsung ke masyarakat, maka mereka menghindari sedini mungkin orang pergi ke rumah sakit. Kalau ada yang ke rumah sakit, maka kita perlu memastikan bahwa fasilitas; sarana-prasarana rumah sakitnya memadai, lalu kesehatan yang gratis. Universal access to health care itu program global yang kemudian diadopsi oleh Pemerintah Indonesia supaya semua orang dapat memiliki akses terhadap pelayanan kesehatan. Di Kabupaten Malaka EB-RTS juga akan melakukan hal yang sama; ada medisnya yang akan terus kita kembangkan,” jelasnya.

Baca Juga :  Konflik Besipae, Pemprov NTT Minta Stop Gunakan Anak dan Perempuan
  • Bagikan