Dewan Pers: Berita Suaraflobamora.Com Yang Dilaporkan PT. AGOGO Adalah Karya Jurnalistik

  • Bagikan
Koran Timor

KORANTIMOR.COMKUPANG
Dewan Pers menyimpulkan bahwa pemberitaan dalam suaraflobamora.com termasuk ke dalam produk jurnalistik. Dengan demikian, jika pelapor (PT. Agogo Golden Group) merasa dirugikan oleh pemberitaan media tersebut maka dapat menuntut hak jawab atau hak koreksi kepada media yang bersangkutan dan/atau mengadukannya kepada Dewan Pers untuk diperiksa dan diselesaikan oleh Dewan Pers.

Swipe up untuk membaca artikel

Demikian disampaikan Dewan Pers melalui suratnya Nomor: 103/DP.K/II/2020, Perihal : Tanggapan Dewan Pers, tertanggal 5 Februari 2020. Surat Dewan Pers yang ditandatangani oleh Ketua Dewan Pers, Muhammad NUH tersebut ditujukan kepada Fabianus Latuan, S.Sos, Pemred suaraflobamora.com. Surat tersebut untuk menanggapi surat dari Pemimpin Redaksi atau Penanggungjawab suaraflobamora.com Nomor: 01/Red.SF/01/20, tertanggal 17 Januari 2020 tentang Permohonan Perlindungan Hukum Terkait Kriminalisasi Terhadap Wartawan.

“Dapat disimpulkan bahwa pemberitaan suaraflobamora.com termasuk ke dalam produk jurnalistik, untuk itu jika pelapor merasa dirugikan oleh pemberitaan media tersebut dapat menuntut hak jawab atau hak koreksi kepada media yang bersangkutan dan/atau mengadukannya kepada Dewan Pers untuk diperiksa dan diselesaikan oleh Dewan Pers,” tulis Dewan Pers.

Baca Juga :  Komisi III DPR RI Minta Kapolri Ambil Alih Kasus Pembunuhan Ibu dan Anak di Kupang

Kesimpulan Dewan Pers tersebut, jelas Dewan Pers, berdasarkan Nota Kesepahaman antara Dewan Pers dengan Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor: 2/DP/MoU/II/2017 dan Nomor: B/15/II/2017 tentang koordinasi dalam Perlindungan Kemerdekaan Pers dan Penegakan Hukum terkait Penyalahgunaan Profesi Wartawan, ketentuan Pasal 5 ayat (2) menyatakan bahwa apabila menerima laporan masyarakat terkait adanya dugaan tindak pidana di bidang Pers maka terlebih dahulu dilakukan penyelidikan dan hasilnya dikoordinasikan dengan Dewan Pers untuk menyimpulkan perbuatan tersebut apakah tindak pidana atau pelanggaran Kode Etik Jurnalistik.

  • Bagikan