OJK NTT: Asuransi Jiwa, Produk IKNB Paling Banyak Dikeluhkan Selama Tahun 2019

  • Bagikan
Koran Timor

KORANTIMOR.COM – KUPANGOJK NTT mencatat; selain sektor Kembaga Keuangan Bank, Institusi Keuangan Non Bank [IKNB] merupakan salah satu sektor lembaga keuangan yang paling banyak dikeluhkan masyarakat konsumen selama tahun 2019 dengan jumlah 30 laporan atau sebesar 48%. Salah satu diantaranya yaitu Asuransi Jiwa.

Swipe up untuk membaca artikel

Hal ini disampaikan Kasubag Edukasi dan Perlindungan Konsumen, Dony Prasetyo, Kasubag Pengawasan Bank, Suryanto Nur Hidayat dan Kasubag Pengawasan IKNB dan Pasar Modal, Muhamad Helmi Yahya melalui rilis presentasi laporan Kinerja OJK NTT pada Kegiatan “Baomong Deng Media” di Restoran Taman Laut Handayani Kupang, Jumat (31/1/2020) sore. Kegiatan tersebut turut dihadiri Kepala OJK Provinsi NTT, Robert Sianipar dan 22 wartawan dari berbagai media baik cetak maupun eletronik dan online.

Berdasarkan informasi dan pengaduan tertulis yang diterima OJK NTT, posisi Januari – Desember 2019, ada 5 (lima) jenis produk IKNB yang paling banyak dikeluhkan dan dilaporkan yaitu ASURANSI JIWA, KREDIT KENDARAAN BERMOTOR, ASURANSI KESEHATAN, ASURANSI UMUM DAN ASURANSI SOSIAL.

Baca Juga :  Menuju NTT Sejahtera, Bank NTT Buka Jejaring Usaha Berbasis Digital

Diantara semuanya, Asuransi Jiwa mendominasi kategori jenis produk IKNB yang paling banyak dikeluhkan oleh konsumen/masyarakat dengan jumlah 17 layanan atau sebesar 55%, diikuti Kredit Kendaraan Bermotor sebanyak 11 layanan atau sebesar 36%, Asuransi Kesehatan, Asuransi Umum dan Asuransi Sosial sebanyak 1 layanan atau rata-rata sebesar 4%.

  • Bagikan