ACSJ 2019, Investasi Ekonomi Tidak Boleh Hilangkan Persoalan Kemanusiaan dan Keadilan Sosial

  • Bagikan
Koran Timor

KORANTIMORKUPANGAnnual Conference on Social Justice [ACSJ] kembali mengusung tema “Memikirkan Ulang Pembangunan Yang Berkeadilan Sosial dan Berperikemanusiaan.” Tema tersebut sengaja diangkat untuk menekankan pembangunan yang berkeadilan sosial dan berperikemanusiaan.

Press Release IRGSC Bersama Seluruh Media Di Kantor IRGSC, Oebobo Kota Kupang (2/12/2019)

Demikian penyampaian Perwakilan Lembaga IRGSC Kupang D. Elcid Li dalam Press Release bersama kumpulan beberapa media Surat Kabar cetak dan online serta TV di Kantor IRGSC Kota Kupang [2/12/2019].

Swipe up untuk membaca artikel

Elcid menguraikan bahwa tema tersebut sengaja diangkat berdasarkan kondisi nasional mengingat pemerintahan kita [Presiden Jokowi di term kedua ini ] kuat berbicara tentang investasi yang juga sudah dilengkapi dengan omnibus law. Oleh karena itu kita berharap ada langkah-langkah antisipatif oleh kalangan masyarakat sipil atau kalangan warga negara. Alasannya omnibus law memang membuat hukum-hukum yang sifatnya sektoral dan kemudian digabung/by pass untuk kepentingan investasi.

Kami berpandangan bahwa selain kepentingan investasi, lanjut Elcid, ada politik kewarganegaraan yang harus kita kedepankan. Jika tidak, investasi memang baik setingkat ekonomi makro tetapi memiliki dampak-dampak tertentu untuk warga negara secara langsung. Entah itu terkait dengan persoalan akses pangan dan air dan sebagainya maupun termasuk didalamnya kasus perdagangan orang.

Baca Juga :  Menjelang Pilkada 9 Desember Besok, Wagub Nae Soi Minta Masyarakat Jaga Kerukunan dan Persatuan

Artinya bahwa jika omnibus law bisa didesign untuk para investor, kita juga berharap ada omnibus law yang dibuat untuk kepentingan migrasi; ketenagakerjaan dan buruh terkoneksi.

  • Bagikan