Peringati Hari Arwah Sedunia Masyarakat Wekeke Perjamuan Bersama

  • Bagikan
Koran Timor

MALAKA, Flobamora-News.com –Tanggal dua November merupakan hari yang paling istimewah bagi masyarakat Desa Wekeke. Upacara yang merupakan rutinitas masyarakat Desa Wekeke setiap tahun ini oleh keseluruhan masyarakat Desa, merupakan suatu keharusan yang telah membudaya.

Tepat pukul 19 00.wib, masyarakat berbondong-bondong menuju lokasi pekuburan Desa. Mereka membawa makanan serta minuman untuk dicicipi bersama setelah ibadat.

Swipe up untuk membaca artikel

Hal ini dipantau oleh awak media Flobamora-News.com, Sabtu, 02/11/2019, di Desa Wekeke, Kecamatan Rinhat, Kabupaten Malaka, Nusa Tenggara Timur.

Sebelum ibadat Herman Seo (Guru Agama) memberikan arahan kepada seluruh umat agar mempersiapkan sesajian yang telah dibawa untuk segera memulai ibadat.

“Saya minta untuk semua kita yang sudah hadir, mulai siapkan sajian yang ada untuk kita mulai dengan ibadat peringatan ini”.Ujar Herman.

Ibadat yang dipimpin oleh pemuka agama Katolik Herman Seo yang disertai dengan percikan air berkat untuk seluruh kuburan yang ada di lokasi ini, merupakan upacara sakral untuk memohon kepada para arwah agar diberi kekuatan dan berkat kepada semua mereka yang ada di Desa Wekeke.

Baca Juga :  RD. Patrisius Tampani: Diusia Emas St. Paroki Put'ain Butuh Kehadiran Kogergasi

Usai ibadat, warga Desa Wekeke ini melakukan perjamuan bersama dilokasi pekuburan sebagai simbol kebersamaan masyarakat bersama para arwah yang dipercayai merupakan pelindung dan pemberi berkat.

Toko intelektual Herminus Seran, A. Md., berharap agar kebiasaan peringatan hari Arwah di Desa Wekeke ini harus dipertahankan terus menerus sehingga menjadi contoh bagi generasi muda penerus budaya di Desa ini.

  • Bagikan