Edukatif, Investigatif, Faktual, Berimbang

MUNAS HANURA III Sahkan OSO Jadi Ketua Umum Partai Hanura Periode 2019-2024

0 93

MUNAS HANURA III Sahkan OSO Jadi Ketua Umum HANURA Periode 2019-2024

KORANTIMOR.COM – JAKARTA – Hasil Musyawara Nasional [Munas] III Partai Hati Nurani [HANURA] Desember tahun 2019 memutuskan Ketua Umum Partai Hanura, Oesman Sapta Odang dinyatakan sah untuk kembali memimpin Partai Hanura Periode 2019 hingga 2024. OSO sebaliknya menyatakan hasil penetapan dan pengesahan dirinya sebagai Ketua Umum Partani Hanura setelah mendengar peserta menyatakan percaya dan yakin akan kemajuan Hanura dibawah kepemimpinanNya.

Foto: Kompas, OSO didampingi sejumlah petinggi Hanura

Sebagaimana dilansir OSOTV, OSO terpilih kembali secara aklamasi dalam sidang pleno Pemilihan Ketua Umum Partai Hanura yang berlangsung Selasa malam [17/12/2019] yang dihadiri lebih dari ± 1.200 lebih peserta [514 DPC dan 34 DPD Hanura se-Indonesia].

Dukungan penuh ini dinyatakan dalam pernyataan sikap DPD Hanura se-Indonesia yang dibacakan Ketua DPD Hanura Sulawesi Tenggara dan Ketua DPD Hanura Kalimantan Barat berdasarkan keputusan RAPIMDA seluruh Ketua DPD Hanura se Indonesia pada Kamis, 10 Oktober 2019. Rapimda tersebut dihadiri unsur DPP dan DPD Partai Hanura serta Ketua dan Sekertaris serta Wakil Ketua Bidang Organisasi dan Wakil Ketua Bidang Kaderisasi, Wakil Ketua Bidang Keanggotaan, Dewan Penasehat dan Sekertaris Dewan Penasehat, Ketua Bapilu dan Ketua Fraksi DPC Partai Hanura dan peserta lainnya.

Rapat tersebut menghasilkan sejumlah keputusan yakni;

1] meminta kepada DPP Partai Hanura untuk mempercepat MUNAS Partai Hanura

2]meminta kepada HJ. Oesman Sapta Odang untuk kembali menjadi Ketua Umum dan memimpin Partai Hanura periode 2019-2024.

3]meminta kepada DPP Partai Hanura agar segera mengambil sikap tegas dengan melakukan penarikan sejumlah aset-aset Partai Hanura; baik yang bergerak maupun tidak bergerak yang saat ini masih berada dipihak-pihak yang tidak lagi memiliki hubungan; baik secara hukum maupun secara organisasi dengan Partai Hanura dibawah kepemimpinan HJ Oesman Sapta Odang sebagai Ketua Umum Hanura dan Hary Lontung Siregar sebagai Sekjen Partai Hanura.

4]meminta DPP Hanura untuk membuat kebijakan agar memprioritaskan kader-kader terbaik.

Keputusan lain yakni bahwa seluruh DPD dan DPC Hanura se-Indonesia meminta, mendukung Dr. Oesman Sapta Odang untuk kembali menjadi Ketua Umum DPP Partai Hanura. Juga meminta MUNAS III segera menetapkan Dr. Oesman Sapta Odang sebagai Ketua Umum DPP Partai Hanura untuk masa bakti 2019-2024.

Karena merupakan calon tunggal KETUM Hanura dalam Munas III Partai Hanura, maka Pimpinan Sidang Munas, Yus Usman langsung menetapkan SK Partai Hanura: Keputusan/No.05/MUNAS-III/Hanura/XII/2019 tentang penetapan Ketua Umum terpilih DPP Partai Hanura masa bakti 2019-2024.

Pertama, menetapkan dan mengesahkan Dr. Oesman Sapta Odang sebagai Ketua Umum DPP Partai Hanura masa bakti 2019-2024. Kedua, menetapkan dan mensahkan Ketua Umum sekaligus Formatur Tunggal.

Ketiga, tugas formatur untuk menyusun Dewan Pimpinan Pusat, Dewan Pimpinan Penasehat, Pimpinan Dewan Kehormatan dan menetapkan Ketua Badan Pemenangan Pemilu masa bakti 2019-2024 selambat-lambatnya 7×24 setelah keputusan tersebut ditetapkan.

Keempat, keputusan tersebut berlaku sejak tanggal ditetapkan yakni 17 Desember 2019.

Selanjutnya disidang Pleno IV dengan agenda pembagian komisi-komisi, ditetapkan antara lain;
1]komisi A terkait AD/ART, komisi B terkait program umum dan komisi C terkait rekomendasi.

Sidang Munas III Hanura dipimpin Ketua Sidang, Yus Usman dan anggota sidang yang terdiri Dodi Abdul Kadir dan Beni Ramdani serta Refafi Gah [Ketua DPD Hanura NTT] dan Zulfani.

Sementara itu, Oesman Sapta Odang pada sambutan perdananya pasca disahkan untuk kembali memimpin sebagai Ketum Partani Hanura Hanura, menyampaikan rasa terharunya didaulat kembali sebagai Ketua Umum DPP Partai Hanura periode 2019-2024 oleh seluruh DPD Partai Hanura se-Indonesia.

“Bukan direkayasa. Kalau ada rekayasa tentu ada suap dari sekelompok yang berbeda. Tetapi saya menyaksikan dan mendengar sendiri adanya suatu ketulusan dari semua sebagaimana saya juga tulus kepada kalian.” Ujar Oesman disambut tepuk tangan seluruh peserta sidang Munas Hanura.

Apakah kita siap memenangkan pemilu 2024 ? lanjut Oesman bertanya kepada peserta Munas, yang disambut peserta Munas dengan jawaban ‘siap!’

Lebih lanjut Oesman mengungkapkan bahwa ia percaya dengan melihat semangat loyalitas dan semangat kebersamaan yang tinggi dan kebersamaan yang sama dari peserta Munas Hanura. Termasuk semangat yang jujur dan tulus.

“Saya tidak melihat adanya permainan-permainan disini. Kita mulai dari nol. Marilah kita mulai dari nol. Jangan lagi ada pikiran-pikiran yang berbeda dalam membangun satu sistem ke depan.” tegas Oesman.

Sekali lagi saya ingin bertanya, lanjut Oesman, apakah saudara-saudara masih percaya kepada saya? Apakah saudara yakin saya mampu memimpin saudara? Pertanyaan Oesman dijawab tegas dengan kata ‘percaya’ dan ‘yakin’ dari peserta sidang Munas Hanura sehingga pada akhirnya Oesman dengan yakin pula menerima hasil penetapan dan pengesahan dirinya kembali menjabat sebagai Ketua Umum Partani Hanura masa bakti 2019-2020. [kos//kos]

Comments
Loading...