Edukatif, Investigatif, Faktual, Berimbang

Yeni Rohi: “Saya Bangga Sebagai Seorang Ibu dan Perempuan NTT”

0 193

KORANTIMOR.COMKUPANGSpesial Merayakan Hari Ibu tahun ini [22/12/2019], KORANTIMOR.COM menghadirkan seorang figur ibu inspiratif dari Kabupaten Sumba Timur, Yeni Rohi. Yeni merupakan seorang ibu sekaligus Ketua Srikandi Partai Hanura Kabupaten Sumba Timur yang saat ini aktif dalam kegiatan-kegiatan sosial-politik dan peran politik perempuan.

 

 

Terkait spesial hari ibu, Yeni mengungkapkan kebanggaannya sebagai ibu dan menurutnya menjadi ibu adalah panggilan kodrati yang harus dijalani dengan sukacita dan penuh rasa bangga.

“Dunia ini tidak ada ceritera apalagi sejarah tentang manusia tanpa kehadiran figur ibu. Dibalik kehabatan seorang laki-laki selalu ada peran sosok ibu.” Tandas Yeni.

Oleh karena itu, lanjut Yeni, perempuan NTT khususnya para ibu tetap harus bangga dan menjadi perempuan yang kuat dan mandiri.

Diwawancarai spesial dihari ibu, Yeni mengungkapkan pandangan sekaligus keprihatinnya terhadap para ibu di NTT:

Pertama, ibu-ibu di NTT merupakan perempuan-perempuan yang ramah dan santun tetapi juga kuat dan mandiri dalam membangun rumah tangganya.

Mengungkapkan keprihatinanya terhadap perempuan, Yeni menyorot kasus-kasus kekerasan pada perempuan di NTT. Khususnya di wilayah Sumba yang akhir-akhir ini terjadi banyak kasus penculikan terhadap perempuan dengan tujuan dijadikan istri. Bahkan korban [perempuan] diperlakukan secara kejam dan sadis seperti dipukuli dan diperkosa.

Terkait ini, Yeni mengharapkan sikap tegas semua pihak khususnya pemerintah dan penegak hukum untuk serius menyikapi kasus-kasus kekerasan terhadap perempuan di NTT dan di Sumba pada khususnya.

Menurutnya perjuangan keadilan dan keseteraan gender di NTT belum maksimal menyentuh semua perempuan NTT karena masih kuatnya paham patrilinealisme disebagian besar Wilayah NTT dimana laki-laki dianggap lebih berperan penting.

Menjawab persoalan ini, lanjut Yeni, sosialisasi atau literasi tentang keadilan dan kesetaraan gender dan hak-hak perempuan perlu diperkuat. Edukasi dan penguatan keterampilan kaum perempuan, khususnya para ibu perlu ditingkatkan agar perempuan-perempuan [ibu-ibu] di NTT semakin mandiri secara ekonomi dan sosial.

Yeni pun berpendapat bahwa perempuan NTT harus lebih bisa menunjukkan potensi yang dimiliki secara maksimal dalam segala bidang sesuai talentanya masing-masing. Dengan itu perempuan NTT mampu berkreatifitas dan berinovasi dengan produk yang menguntungkan dan diakui. Contohnya Tenunan Ikat NTT.

Tenun ikat dulunya hanya sebatas dipakai di rumah dan saat acara adat tetapi sekarang bernilai ekonomi tinggi. Bahkan tenun ikat menjadi peluang bisnis yang pasarnya tembus manca negara dan itu adalah hasil dari tangan-tangan terampil Perempuan NTT yang awalnya tidak terlalu dianggap berharga.

Terlepas dari masih adanya ketidakadilan terhadap perempuan di NTT, Yeni melihat adanya kemajuan kipra perempuan di NTT. Buktinya di pentas politik, banyak perempuan ikut terlibat dalam pencalonan diri sebagai anggota legislatif. Bahkan hari ini ada banyak perempuan berhasil duduk di parlemen dan ini membanggakan sebagai perempuan NTT. Ini bukti bahwa perempuan-perempuan di NTT hebat.

Ia juga mengharapkan dukungan seluruh pihak baik di Daerah maupun di Nasional terhadap hak-hak perempuan agar perempuan NTT Lebih maju dan mandiri.

Kepada seluruh perempuan di NTT termasuk para ibu, Yeni berpesan agar jangan takut menuangkan inspirasi dan jangan takut untuk melawan ketidakadilan. Seorang ibu harus menjadi perempuan yang sehat dan kuat.

Perempuan-perempuan di NTT perlu didukung dengan penguatan kapasitas, seperti pelatihan-pelatihan. Perempuan NTT perlu dilibatkan dalam segala bidang. Termasuk peran dan andil dalam setiap keputusan penting menuju NTT Bangkit dan NTT Sejahtera. [kos//kos]

Comments
Loading...