Edukatif, Investigatif, Faktual, Berimbang

Sumba Timur Tuan Rumah Perayaan HUT NTT Ke-61

0 82

KORANTIMOR.COMKUPANG –Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur [NTT] menetapkan Kabupaten Sumba Timur sebagai tuan rumah perayaan Hari Ulang Tahun Provinsi NTT ke-61. Selain bertujuan meningkatkan pengetahuan masyarakat NTT akan HUT NTT, juga memperkenalkan keberagaman NTT kepada Daerah lain. Ada saling kunjung antar Daerah yang berdampak pada pertumbuhan Ekonomi Masyarakat Sumba Timur.

Dari kanan (Karo PMD NTT, Doris A. Rihi, Kadis KOMINFO NTT, Drs. Aba Maulaka didampingi Kabag Kominfo NTT, John Waleng) Saat Jumpa Pers di Kantor KOMINFO NTT (5/12/2019)

 

Demikian penyampaian Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi [Kadis KOMINFO] Provinsi Nusa Tengara Timur, Drs. Aba Maulaka dan Karo PMD NTT, Doris A. Rihi dan yang didampingi Kabid KOMINFO NTT, John Waleng pada kegiatan Jumpa Pers bersama 30 media di Kantor KOMINFO NTT, jalan Palapa-Kota Kupang [Kamis, 5/12/2019].

Beberapa pertimbangan ditentukannya Sumba Timur sebagai tuan rumah HUT NTT antara lain;

1] dari segi sosial, pemerintah menghendaki HUT NTT diketahui bersama seluruh masyarakat Nusa Tenggara Timur. Artinya sesudah Sumba Timur, tahun depan pindah lagi ke Kabupaten lain sampai semua Kabupaten/Kota se NTT mendapat giliran tuan rumah perayaan HUT NTT.

2] pertimbangan ekonomi, bahwa perayaan HUT NTT ke-61 di Sumba Timur akan turut memberi rangsangan pertumbuhan ekonomi bagi masyarakat Sumba Timur, mengingat perayaan tersebut akan turut menghadirkan banyak tamu daerah maupun nasional dan internasional dan diharapkan akan turut membeli/berbelanja produk-produk yang telah disiapkan masyarakat Sumba Timur.

3] bahwa pemerintah menghendaki agar perayaan HUT NTT dirasakan dan dimiliki secara utuh oleh seluruh masyarakat Nusa Tenggara Timur. Tahun ini masyarakat NTT dari Luar Sumba datang mengunjungi Sumbat Timur dan tahun berikutnya masyarakat lain mengunjungi daerah lain yang dapat giliran tuan rumah HUT NTT.

Karo PMD NTT Doris A, Rihi pada kesempatan bicaranya menyebut lokasi kegiatan tersebut di Sumba Timur adalah Purkapera. Ditentukannya Purkapera-Sumba Timur sebagai wujud komitmen Pemerintah Provinsi untuk menunjukkan kepada seluruh masyarakat NTT dan masyarakat luar bahwa NTT itu memiliki keanekagaman. Kegiatan perayaan HUT NTT tersebut berlangsung 3 hari, mulai dari tanggal 19 hingga 21 Desember 2019.

Selanjutnya Doris menguraikan beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan di Sumba Timur sesuai agenda pemerintah selama perayaan HUT NTT tersebut seperti; gala diner bersama para tamu Pemerintah Provinsi yakni para menteri dan tamu luar negeri serta para bupati dan wakil bupati maupun Wali Kota dan Wakil Wali Kota se-NTT [tanggal 19 Desember sore].

Selanjutnya ditanggal 20 Desember merupakan perayaan puncak acara HUT NTT di desa Purkapera dimana semua peserta akan menghadiri upacara dalam nuansa pakaian adat dan motif daerah masing-masing. Ada apel bersama yang mana pada moment tersebut Gubernur akan menyampaikan sambutannya terkait HUT NTT dan gambaran pembangunan NTT dan hal-hal yang telah dilakukan.

Beberapa kegiatan lain akan dilakukan diperayaan tersebut. Lanjut Doris, diantaranya seperti yakni Peluncuran Beras Premium “Molas Lembor” kerjasama Bank Indonesia dan Bank NTT bersama BULOG. Ada juga peluncuran program NTT Satu Data, sebuah program sistem dimana seluruh data informasi yang terkait pembangunan Nusa Tenggara Timur ada didalamnya dan ketika dibutuhkan selalu ada dan mudah diakses oleh pemerintah atau pihak-pihak tertentu sesuai aturan.

Juga peluncuran e-pay atau e-money untuk mendukung sistem pembayaran eletronik masyarakat dan yang sudah sementara diberlakukan di seluruh Indonesia.

Di momentum tersebut juga akan ada agenda lounching buku berjudul “NTT Out of the Box” dan pemberian secara simbolis penghargaan kepada atlet-atlet NTT berprestasi.

Lalu hari Jumat tanggal 20 siang akan ada Rapat Koordinasi Gubernur bersama seluruh Bupati/Wakil Bupati dan Wali Kota/Wakil Wali Kota persiapan pelaksanaan berbagai kegiatan pembangunan NTT di awal tahun 2020. Ada banyak hal-hal strategis pembagunan yang akan disampaikan gubernur dan didiskusikan bersama dengan para Kepala Pemerintah Daerah lain di NTT.

Dimomentum tersebut ada juga pameran produk-produk UKM masyarakat Sumba Timur yang telah dipersiapkan untuk dipamerkan.

Dihari Sabtu tanggal 21 Desember perayaan HUT NTT dengan menggandeng Band Nasional Papan Atas Slank. Ini bertepatan dengan ulang tahun Slank yang ke 36. Selain itu ada artis-artis Indonesia asal NTT seperti Andmes Kamaleng, Mario Klau, Marion Njola, dll. [mas/kus]

Comments
Loading...