Edukatif, Investigatif, Faktual, Berimbang

Kasus Dugaan Korupsi Aset Pemda Kabupaten Kupang Yang Diduga Melibatkan Jonas Salean Telah Ditingkatkan ke Tahap Penyidikan

0 901

KORANTIMOR.COMKUPANGKasus dugaan korupsi aset milik Pemerintah Kabupaten Kupang yang diduga melibatkan mantan Wali Kota Kupang Jonas Salean memasuki babak baru. Kejaksaan Tinggi (Kejati) NTT telah siap tingkatkan ke tahap penyidikan.

“Penyidik sudah memeriksa kurang lebih 20 saksi dan kasus ini tidak didiamkan. Jika dari perspektif hukum dan keyakinan penyidik bahwa kasus itu sudah bisa ke penyidikan, maka akan dilakukan penyidikan.”

Mantan Wali Kota Kupang, Yonas Salean

 

Demikian penjelasan Kepala Seksi Penerangan Hukum dan Hubungan Masyarakat (Kasi Penhum dan Humas) Kejati NTT Abdul Hakim, yang ditemui awak media, Senin, (25/11/2019) siang.

Penjelasan Kasi Penhum dan Humas Kejati NTT itu terkait sorotan publik yang menilai kasus tersebut didiamkan pasca Pemilu 2019.

Menurut Abdul Hakim, Penyidik Kejati NTT tidak mendiamkan kasus yang diduga melibatkan anggota DPRD Provinsi NTT, Jonas Salean.

Abdul Hakim lanjut menjelaskan bahwa penyidik Kejati NTT telah melakukan pemeriksaan terhadap kurang lebih 20 orang saksi. Penyidik masih terus mengumpulkan alat bukti dan keterangan.

 

Kasi Penhum dan Humas Kejati NTT, Abdul Hakim

“Setelah semua alat bukti dan keterangan rampung pasti akan ditingkatkan ke tingkat penyidikan.” Tandas Abdul Hakim.

Kasus dugaan korupsi aset milik Pemkab Kupang yang diduga melibatkan Jonas Salean telah bergulir di Kejati NTT sejak tahun 2018 lalu.

Pasalnya aset Pemda Kabupaten Kupang berupa lahan tanah yang terletak di area Kecamatan Kupang Barat diduga diserobot oleh sejumlah oknum pejabat Daerah Provinsi NTT dan Kota Kupang yang diduga melibatkan mantan Wali Kota Kupang, Yonas Salean.

Selain mantan pejabat Pemerintah Provinsi NTT maupun para pejabat yang saat ini menjabat di Pemkot Kupang, penyidik juga sudah memeriksa tiga notaris.

Ditemui awak media di Kupang, Jonas Salean menanggapi bahwa kasus tersebut merupakan intrik politik lawan-lawan politiknya. Karena itu, pihaknya juga sementara melakukan gugatan secara perdata.

Laporan: kenz/tim

Editor: mas//kus

Comments
Loading...