Edukatif, Investigatif, Faktual, Berimbang

Eusabius Binsasi: Mimpi Saya Kedepan Petugas Pertanian ‘Berkantor di Kebun Petani’

0 287
Foto: Calon Bupati TTU Periode Tahun 2020-2025, Drs. Eusabius Binsasi

Kefamenanu – Koran Timor.Com – Calon Bupati TTU periode 2020-2025, Drs. Eusabius Binsasi bertekat membangun TTU dengan menggenjot sektor pertanian dan peternakan serta perikanan di dengan menempatkan Petugas Dinas Pertanian tinggal di desa dan mendampingi langsung petani pada pengembangan kebun dan ternak serta perikanan.

Hal ini disampaikan Eusabius Binsasi saat diwawancarai awak media via telepon celulernya pada Jumat, 15 November 2019.

Idenya ini bertolak dari hasil refleksinya atas isu-isu krusial yang sedang dihadapi masyarakat Kabupaten Timor Tengah Utara [TTU] hari ini. Sebut saja mata pencaharian sebagian besar penduduk TTU yang adalah bertani dan beternak, tetapi pertanian dan peternakan sendiri belum memberi dampak perubahan signifikan bagi kesejahteraan masyarakat.

Lalu isu busung lapar dan stunting masih tinggi dialami masyarakat TTU. Menurut Dirjen Bimas Katolik Kementerian Agama itu, isu tersebut disebabkan oleh faktor asupan makanan bagi generasi yang butuh belum optimal. Penyebab utama dibalik isu ini yakni kekurangan pangan.

Sektor Peternakan pun tidak begitu berkembang karena kurangnya pakan ternak.

Masyarakat juga masih kebingunan akan akses pasar yang jelas hasil komoditi [hasil bumi] mereka. Sementara itu potensi Laut Pantai Utara sebagai salah satu aset Daerah juga belum terkelolah secara maksimal.

“Lebih dari itu dan mendasar ialah kwalitas Sumber Daya Manusia [SDM] kita yang belum cukup memadai.” Tandas Eus.

Sementara itu, lanjut Eus, isu primordialisme; suku dan agama serta ras masih kuat bercokol di kehidupan sosial komunitas masyarakat TTU. Disusul aksi kriminalitas yang sering terjadi dimasyarakat dan menggangu kenyaman hidup masyarakat.

Dari sebab itu Calon Bupati TTU 2020-2025 tersebut berpendapat bahwa pembangunan Timor Tengah Utara kedepan perlu turut serta memperhatikan langkah-langkah kongkrit dan substansial yang menjawab kebutuhan masyarakat dan Daerah Kabupaten TTU yakni;

Pertama, merubah mindsed masyarakat TTU dalam   bertani dan beternak serta nelayan melalui pendampingan teknis pertanian yang tepat dan benar serta berdampak pada ketersediaan pangan masyarakat. Ketiga hal ini harus diintegrasikan dan dintensifkan dalam suatu sistem yang terpadu [red. paket pertanian yang terpadu].

“Melaluinya diharapkan masyarakat dapat bertani dan beternak serta menjadi nelayan yang integratif dan profesional serta berkecukupan pangan. Dengan demikian hidup masyarakat menjadi lebih sejahtera dan mampu keluar dari berbagai ketertinggalan. Bebas dari berbagai penyakit dan menikmati hidup yang lebih bermartabat.” Jelas Eus.

Kedua, pengembangan sumber daya; baik Sumber Daya Manusia maupun Sumber Daya Alam sebagai bagian prioritas perhatian pemerintah Daerah ke depan.

Hal tersebut bisa dilakukan melalui peningkatan mutu pendidikan formal dan informal serta non formal secara signifikan dan intensif. Dengan demikian pengembangan pendidikan melalui peningkatan sarana pendidikan dan peningkatan mutu pengelola pendidikan serta peningkatan kwalitas guru dan murid juga menjadi prioritas penting.

Pendampingan berkelanjutan bagi para petani dan peternak serta nelayan untuk meningkatkan pendapatan serta penghasilan melalui hadirnya orang – orang terlatih dan profesional di desa-desa atau masyarakat.

“Mimpi saya kedepan Petugas Dinas Pertanian ‘berkantor di kebun petani’. Dengan demikian mereka dapat mendampingi langsung para petani melalui petunjuk teknis pertanian yang inovatif dan produktif bagi masyarakat.” Ungkap Eus.

Menurut Eus tujuannya ialah agar nampak bahwa peningkatan pertanian dan peternakan bukan saja dengan  pendampingan, tetapi juga dengan pengembangan SDM petani dan peternak serta nelayan supaya mampu membuat perubahan pola bertani dan beternak yang kreatif dan inovatif sehingga memperoleh hasil yang lebih besar.

Syaratnya, lanjut Eus, seluruh masyarakat TTU harus bersatu dan rukun serta harmonis, baik suku maupun agama sehingga bisa bekerja sama untuk meraih hidup yang lebih baik. [maskus]

Comments
Loading...