Edukatif, Investigatif, Faktual, Berimbang

Menkominfo Minta Pembangunan 421 BTS Tower di NTT Dipercepat

0 30

KORANTIMOR.COM – KUPANG – Kementerian Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia (Kemenkominfo RI) minta Pembangunan 421 BTS Tower pada 421 desa di NTT Dipercepat dan diselesaikan dalam tahun 2021 ini guna mendukung kebutuhan perencanaan pembangunan desa, kecamatan dan kabupaten di NTT.

Demikian disampaikan Menteri Komunikasi dan Informatika RI Johnny G. Plate dalam sambutannya saat Rapat Koordinasi Percepatan Pembangunan BTS di Provinsi NTT yang dilaksanakan di Hotel Aston pada Kamis (28/6/2021).

“Kita tentukan titik yang tepat dengan rencana pembangunan daerah sehingga koneksinya bisa membantu pelayanan pemerintah, bidang pendidikan dan pelayanan kesehatan serta kegiatan masyarakat, sehingga berjalan seirama dengan pembangunan wilayah. Jangan sampai BTS disediakan tetapi lokasinya jauh dan konektivitasnya tidak mampu mendukung pembangunan daerah,” jelas Johhny.

Menurutnya, masyarakat harus ambil bagian dalam pelatihan-pelatihan digital untuk dapat ikut serta dalam memanfaatkan teknologi dengan sumber daya manusia yang hebat.

“Saya berharap di tahun ini masyarakat NTT bisa kut program pelatihan digital masyarakat oleh kemkominfo. Ini penting untuk kembangkan literasi digital ke masyarakat. Kita lakukan secara virtual meeting. Ajak anak-anak kita untuk ikut pelatihannya karena ini gratis untuk semua,” ujar beliau.

Kami, lanjutnya, juga berencana membangun pusat data di NTT di Labuan Bajo. Itu untuk menjadi pusat data untuk melayani kawasan Indonesia tengah dan Indonesia Timur melalui jalur selatan di NTT.

Sejalan dengan hal tersebut, Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat juga mengharapkan adanya penguatan SDM di bidang digital dan teknologi informasi.

“Kita harus membangun SDM kita dengan baik untuk paham dan menguasai betul pemanfaatan perkembangan teknologi dan juga melalui model digitalisasi. Sehingga infrastruktur yang telah disiapkan oleh pemerintah pusat dapat dipergunakan untuk kemajuan daerah. Maka data digitalisasi kita harus kuat. dan Saya mau 2 tahun dari sekarang NTT bisa dikenal sebagai Provinsi digital,” ujar Gubernur Viktor.

Para Bupati, imbuh Gubernur Laiskodat, harus berpikir cepat dalam pemanfaatan pembangunan BTS ini. Ini adalah kesempatan kita untuk melompat lebih jauh ke depan untuk bisa bersaing di era saat ini. Kita tidak perlu promosi daerah dengan jalan keliling dunia tetapi cukup kita di desa saja tapi memanfaatkan promosi lewat jaringan trknologi internet untuk memperkenalkan produk-produk unggulan di NTT dan juga pariwisata kita.

Gubernur juga sangat menginginkan agar SDM di desa-desa dapat mengembangkan kemampuan literasi teknologi dengan baik. (kt/hms)

Comments
Loading...