Edukatif, Investigatif, Faktual, Berimbang

Peringati Hari Bhakti Rimbawan, BBKSDA NTT Dan Mitra Gelar Aksi Bersih Sampah di TWAL Teluk Kupang

0 33

KORANTIMOR.COM –KUPANG – Peringati Hari Bhakti Rimbawan 16 Maret 2021, Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dalam kerjasama dengan seluruh UPT Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Kota Kupang, Dekranasda Kota Kupang, Dharma Wanita Provinsi NTT, Yayasan Indonesia Maju Berkarya, Duta LHK NTT, Pramuka, pemerintah setempat dan Masyarakat melaksanakan aksi bersih sampah, penanaman pohon Mangrove, bagi sembako dan masker, serta mengikuti acara upacara HBR secara virtual. Kegiatan tersebur berlangsung di Pantai Lasiana-Kawasan Taman Wisata Alam Laut (TWAL) Teluk Kupang pada Rabu (16/03/2021).

Demikian disampaikan Kepala BBKSDA NTT, Ir. Timbul Batubara, M. Si melalui Rilis Tertulis (Siper No.S. 394/K.5/TU/HMS/03/2021) yang diterima tim media ini melalui pesan WhatsApp/WA pada Rabu (16/03/2021).

“Kegiatan yang kami laksanakan Bersama Ibu Ketua Dekranasda dan Dharma Wanita Provinsi NTT, UPT LHK Kota Kupang, Yayasan Indonesia Maju Berkarya, Duta LHK Provinsi NTT, Pramuka, pemerintah setempat dan masyarakat, ini merupakan manifestasi dari semangat Rimbawan Nusa Tenggara Timur dalam upaya memberikan bhaktinya kepada lingkungan dan pelestarian hutan, meskipun dalam situasi pandemi Covid19 yang masih melanda Negeri ini,” jelasnya.

Menurut Timbul Batubara, meskipun pandemi Covid-19 belum mereda, semangat Rimbawan untuk memeriahkan Hari Bhakti Rimbawan (HBR) 2021 di Provinsi NTT tetap membara, karena kegiatan tersebut bertepatan dengan Road to HKAN 2021, yang puncak acaranya akan diselenggarakan pada tanggal 8-10 Agustus 2021 di Pantai Lasiana-TWAL Teluk Kupang.

“Hari Bhakti Rimbawan Tahun 2021 dilaksanakan secara nasional dengan tema “Terus Berbhakti di Tengah Pandemi Untuk Lingkungan dan Hutan Lestari. Pada aksi para Rimbawan Nusa Tenggara Timur hari ini, kata Timbul Batubara, bersama 200 warga masyarakat kita kumpulkan sampah sebanyak 32 karung (875 kg), penanaman pohon Mangrove dan pembagian sembako serta masker kesehatan kepada masyarakat sekitar Pantai Lasiana di kawasan TWAL Teluk Kupang,” imbuhnya.

Kepala Balai Besar BKSDA NTT itu yang juga adalah Ketua Pelaksana HKAN 2021 menghimbau seluruh Kepala UPT LHK Lingkup Provinsi NTT untuk turut berpartisipasi memeriahkan acara HKAN 2021 dan bertindak sebagai tuan rumah yang baik.

“Karena sejatinya Hari Konservasi Alam Nasional bukan milik UPT tertentu, tetapi milik kita, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Ditetapkannya Provinsi NTT sebagai tuan rumah Hari Konservasi Alam Nasional Tahun 2021 (HKAN2021) merupakan momentum untuk kampanye pentingnya konservasi alam bagi kesejahteraan masyarakat yang menjadikan konservasi alam sebagai bagian dari sikap hidup dan budaya bangsa,” tandasnya.

Lebih lanjut Timbul Batubara mengatakan, “dengan aksi kita bersama pada Hari Bhakti Rimbawan 2021 hari ini sebagai bentuk kekompakkan Rimbawan NTT dalam berbagai kegiatan Bersama untuk “NTT Bangkit, NTT Maju dan NTT Sejahtera“ . Semangat ini kiranya bukan hanya slogan tetapi kita buktikan hari ini bahwa Rimbawan NTT sebagai ujung Tombak Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, selalu dapat berperan aktif Bersama bersinergi dengan pembangunan di Daerah. Aksi Rimbawan pada HBR 16 Maret 2021 ini juga sekaligus menjadi agenda Road to HKAN 2021 yang ber tema “ Bhavana Satya Alam Budaya Nusantara; Memupuk Kecintaan Alam dan Budaya Nusantara.”

Mengutip amanat Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Siti Nurbaya Bakar, dalam upacara virtual peringatan HBR 2021, Ir. Timbul Batubara, MSi mengatakan bahwa, inilah saatnya Konsolidasi Rimbawan Indonesia, kita bangkitkan lagi jiwa korsa Rimbawan Indonesia, Bersama sama kita berjuang untuk alam Indonesia untuk Negara dan Bangsa Indonesia.

Diakhir sambutanya, Timbul Batubara mengucapkan terimakasih kepada Ketua Dhama Wanita dan Dekranasda Provinsi NTT, Para Kepala UPT KLHK Kota Kupang, Kepala Dinas LHK Provinsi NTT, Pariwisata Provinsi NTT Walikota Kupang, Camat Oesapa, Lurah Oesapa, Pramuka Sakawana Bhaktidan seluruh masyarakat yang hadir pada acara HBR ke 38 tahun 2021 ini, meski dengan protokol Covid 19.

“Semoga kita semua dapat terus diberi kemenangan dalam menghadapi situasi pandemic Covid19 ini. Tetap menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan, menghindari kerumunan, dan menghindari kontak,” tutupnya. (red/bbksdantt)

Comments
Loading...