Edukatif, Investigatif, Faktual, Berimbang

Covid-19 ‘Meledak’ di Rutan Kupang, 68 Tahanan Diisolasi

0 63

KORANTIMOR.COM – KUPANG – Terjadi ‘ledakan’ penyebaran Virus Corona/Covid-19 di Rumah Tahanan (Rutan) Klas IIB Kupang. Sebanyak 68 (enam puluh delapan) tahanan dari 234 orang tahanan di Rutan) Klas IIb Kupang terindikasi terpapar positif Covid-19 dan menjalani isolasi. Jumlah tersebut masih akan bertambah setelah ada hasil Swab/PCR kedua terhadap tahanan dan pegawai Rutan.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Tim Medis ini, sebanyak 38 orang tahanan dinyatakan positif terpapar Covid-19 berdasar hasil Swab dengan metode Pool Test pertama berapaa waktu lalu.

“Namun ada tambahan 30 orang sehingga tahanan yang diisolasi ada 68 orang pak. Ini sudah terjadi ‘ledakan’ Covid-19 di Rutan. Ini sangat berbahaya bagi keselamatan tahanan,” ujar sumber yang enggan disebutkan namanya.

Ia menjelaskan, berdasarkan hasil Swab pertama, 38 orang tahanan positif terpapar Civid-19. “Namun beberapa hari kemudian ada tambahan lagi 30 orang tahanan yang terindikasi terpapar Covid-19.,” ungkapnya.

Tambahan 30 prang tersebut, lanjutnya, karena 2 orang tahanan (yang setelah hasil Swabnya keluar, dinyatakan positif, red), oleh petugas dipindahkan/digabungkan dengan 30 orang tahanan lain. “Jadi 30;0rang ini juga sudah diisolasi sambil menunggu hasil Swab individual,” jelasnya.

Pada Swab pertama, jelasnya, dilakukan pemeriksaan terhadap 143 orang tahanan. “Hasilnya 38 orang tahanan positif terpapar Covid-19,” ujarnya.

Sedangkan Swab kedua dilakukan pada Rabu (20/1/21) pekan lalu, terhadap 91 tahanan dan 74 orang pegawai Rutan. “Hasil Swab kedua akan keluar dalam waktu 1-2 dua hari lagi. Kalau hasil Swab kedua keluar, sudah pasti akan ada tambahan puluhan orang tahanan yang terpapar Covid-19 tapi mungkin tidak akan dipublikasi,” ungkapnya.

Selain tahanan, lanjutnya, para pegawai Rutan Klas IIB Kupang juga sangat rentan terpapar Covid-19. “Kalau tahanan sebagian terpapar, maka pegawai Rutan juga sekitar 50 persen bisa terpapar Covid,” ujarnya menduga.

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM NTT, Mercy Djone yang dikonfirmasi Tim Media ini kemarin siang mengakui adanya penyebaran Covid-19 di Rutan Klas IIB Kupang. “Dari hasil Swab, ada 38 orang tahanan yang positif,” ujar Djone yang dikonfirmasi melalui telepon selularnya.

Menurutnya, para tahanan yang terpapar Covid-19 telah diisolasi di 3 blok terpisah. “Kepala Rutan dan staf, didampingi 2 orang dokter sudah tangani mereka dengan baik,” kata Djone.

Untuk menguatkan imun tubuh, jelasnya, para tahanan yang terpapar Covud-19 diberi vitamin, air jahe, telur, dan makan bergizi. “Selain disiapkan Rutan, Kanwil juga memberikan tambahan vitamin,” ujar Djone.

Pihak Rutan Kupang papar Djone, memberikan pelayanan sesuai protokol Covid-19. “Petugas yang melayani mereka menggunakan APD lengkap. Mereka sehat. Saya sudah lihat keadaan mereka Jumad lalu,” jelas Djone.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Tim Media ini, daya tampung Rutan Klas IIB Kupang hanya sekitar 150 hingga 160 orang tahanan. Namun tahanan yang ditahan saat ini sekitar 234 orang tahanan. (kt/tim)

Comments
Loading...