Edukatif, Investigatif, Faktual, Berimbang

Upaya Meningkatkan Hasil Pertanian Dengan Sentuhan Teknologi Pompa Hydram

0 133

Oleh: Wenseslaus Bunganaen, ST., ST., MT
Dosen Teknik Mesin FST Undana Kupang

KORANTIMOR.COM – KUPANG – Pertanian lahan kering merupakan kegiatan budidaya tanaman yang dilakukan dalam kondisi kekeringan sedang sampai berat selama sebagian besar musim tanam. Dengan demikian diperlukan teknik budidaya khusus jenis tanaman dan sistem usaha tani tertentu untuk memungkinkan produksi yang berkelanjutan (Benu dan Mudita 2013). Termasuk dengan menerapkan teknologi tepat guna Pompa Hydram untuk meningkatkan produktifitas kerja dan nilai ekonomi produk petani. Khususnya pada topografi pertanian lahan kering yang umumnya lahan pertaniannya terletak di ketinggian dengan sumber air berada di bawah.

Wenseslaus Bunganaen, ST., MT
Dosen Teknik FST Undana Kupang

Melalui Program Kemitraan Masyarakat dari LP2M Universitas Nusa Cendana membangun kemitraan dengan sebuah kelompok tani yang diketua oleh Mario Yosep Laga Wutun membantu kelompok tani tersebut menerapkan teknologi pompa hydram guna mengalirkan air dari tempat yang lebih rendah ke tempat yang lebih tinggi dan mengairi lahan pertanian milik kelompok tersebut tanpa menggunakan Listrik.

Supaya pompa hydram bekerja baik dan bertahan, maka dibutuhkan perawatan berkala. Untuk menjaga agar pompa hydram ini tetap bekerja dengan baik maka, perlu dilakukan perawatan berkala baik itu 3 (tiga) bulan ataupun 6 (enam) bulan sekali. Supaya perawatan dan perbaikan pada pompa ini dapat dilakukan oleh kelompok tani tersebut, maka tim mengadakan Pelatihan Perbaikan dan Perawatan Pompa Hydram selama 1 minggu dan pendampingan selama 6 bulan (Ketua tim Wenseslaus Bunganaen, ST.,MT, tahun 2020).

Dalam kegiatan Pelatihan Perbaikan dan Perawatan Pompa Hydram, diberikan beberapa materi yakni Prinsip kerja Pompa hydram, Pengenalan Konstruksi dan Peralatannya, Perakitan Mesin Pompa Hidram, Pemetaan Titik Lokasi untuk Pompa Hidram dan Instalasi Sistem Pompa hydram serta cara perawatan dan perbaikan pompa hydram.

Pelatihan Perbaikan dan Perawatan Pompa Hydram

Dengan dilakukannya program perbaikan dan perawatan pompa hydram, secara berkelanjutan akan mengurangi biaya perawatan pompa hydram dan mengurangi tingkat kerusakan yang berlebihan. Program pelatihan pompa hydram mampu memberikan pemahaman dan skill yang lebih baik dalam memelihara pompa hydram dan lebih jauh dari itu, kelompok tani dapat memperbaiki sendiri dan mengganti elemen-elemen dari pompa hidram yang rusak seperti pemberat, klep, dll.

Pompa hydram merupakan singkatan dari hidraulic ram, dari kata hidro yang berarti air (cairan) dan ram yang artinya hantaman, pukulan atau tekanan. Maka pompa hidram dapat didefinisikan sebagai sebuah pompa yang energi atau tenaga penggeraknya berasal dari tekanan atau hantaman air yang masuk kedalam pompa melalui pipa.

Pompa hydram juga merupakan suatu teknologi pompa yang memanfaatkan gaya air atau tekanan dinamik yang diakibatkan adanya perbedaan ketinggian antara sumber air dan pompa. Gaya tersebut dipakai untuk menggerakkan katup, sehingga diperoleh gaya yang lebih besar untuk mendorong air ke atas.

Prinsip kerja dari pompa Hydram ialah air dari sumber air (mata air, sungai, selokan, dll) dimasukan ke bak penampungan (agar sampah tidak masuk ke badan pompa yang akan mengganggu kinerja pompa).

Pompa Hydram

Air dari bak penampung akan bergerak menuju badan pompa dan akan menutup klep depan pompa, dan air balik kebelakang dan masuk pada tabung serta membuka klep tabung. Karena di dalam tabung juga ada tekanan yang besar sehingga akan menutup klep tabung dan air akan terdorong keluar tabung melalui pipa output dan terus mengalir menuju tandon air.

Pompa hydram yang dibuat dan dipasang oleh tim pada lokasi pertanian berukuran 3 inchi, diameter katub limbah 2,75 inchi, panjang katub limbah 0,59 inchi, massa katub limbah 1,5 kg dan volume tabung udara 0,03 mm3 serta tinggi angkat 9,8 meter. Debit yang dihasilkan adalah 0,2 liter/detik. (ketua tim Muhamad Jafri ST., M.Eng, tahun 2018).

Air yang dihasilkan dari pompa hydram ini dapat membantu kelompok tani ini untuk mengairi tanaman palawija (=sayur-sayuran) seperti brokoli, tomat, lobak, lombok dan jenis tanaman yang lain seperti ubi kayu, ubi jalar, papaya, pisang dan tebu, dll.

Hal-hal utama yang perlu diperhatikan dalam perawatan pompa hydram adalah air yang masuk ke pompa hidram harus bersih sehingga kerja pompa hidram tidak mudah terganggu.

Pemasangan saringan pada ujung pipa bertujuan agar air yang masuk dalam pipa selalu bersih/terbebas dari kotoran. Penggunaan karet ban bekas roda truk pada katup limbah bisa bertahan lama bila sering dilakukan perawatan dengan program perbaikan dan perawatan. Pemeliharaan pompa hydram secara berkelanjutan dapat menekan biaya perawatan pompa hidram dan menurunkan tingkat kerusakan pada pompa hydram.

Dengan kondisi pompa hydram terawat baik, maka pompa hydram dapat bekerja baik memompa air dengan baik sehingga kebutuhan air untuk menyiram atau mengairi lahan pertanian terjawab dan air selalu tersedia pada bak penampung. Dengan demikian hasil pertanian menjadi lebih baik karena tidak kekurangan air pada musim kemarau. (wens/red).

Comments
Loading...