Edukatif, Investigatif, Faktual, Berimbang

Kanwil Kemenkumham NTT Launching Hallo Kumham dan Maskot

0 36
KORANTIMOR.COM – KUPANG –

Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Nusa Tenggara Timur (NTT) launching Hallo Kumham dan Maskot Kanwil Kemenkumham NTT, guna meningkatkan pelayanan menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih serta Melayani di Bidang Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM). Terlebih pelayanan adminstrasi, koordinasi, perencanaan, bantuan maupun penegakan hukum di Kanwil Kemenkumham NTT.

Demikian disampaikan Kakanwil Kemenkumham NTT, Marciana Dominika Jone, SH saat peluncuran (launching) Hallo Kumham dan Maskot di Aula Kanwil Kemenkumham NTT, Senin (12/10/2020).

“Dengan adanya Hallo Kumham ini, masyarakat bisa mencari tau informasi ataupun pengaduan melalui WhatsApp atau SMS dan Telepon ke nomor 0812 4618 3377 dan email: [email protected], terkait dengan pelayanan dan penegakan hukum di NTT baik itu pelayanan, pengawasan, penindakan maupun proses dan penyelesaian masalah penegakan hukum,” ujarnya.

Menurut Merciana Djone, tujuan utama dari Hallo Kumham tersebut untuk pelayanan informasi dan pengaduan terkait penanganan hukum dan hak asasi manusia baik penegak humum maupun pelayanan ASN di wilayah kerja Kemenkumham NTT.

“Dengan adanya Hallo Kumham ini, masyarakat bisa mencari tau informasi ataupun pengaduan melalui WhatsApp atau SMS dan Telepon ke nomor 0812 4618 3377 dan email: [email protected], terkait dengan pelayanan dan penegakan hukum di NTT baik itu pelayanan, pengawasan, penindakan maupun proses dan penyelesaian masalah penegakan hukum,” ungkapnya.

Dengan Launchingnya Hallo Kumham dan Maskot, lanjut Marciana, dirinya ingin membuktikan dari waktu ke waktu Kanwil Kemenkumham NTT terus melakukan terobosan dan inovasi yang berdampak langsung pada peningkatan pelayanan; mulai dari tingkat Rutan, Lapas hingga seluruh Divisi.

“Kehadiran Hallo Kumham dan Maskot ini sebagai representasi dari setiap kegiatan dan pelayanan publik yang transparan dan terintegrasi, sehingga apapun yang dibutuhkan oleh masyarak NTT berkaitan dengan pelayanan administrasi hukum maupun penanganan hukum dapat diakses dengan mudah,” jelasnya.

Marciana Djone mwnambahkan, bahwa program inovasi yang berdampak pada pelayanan sangat diperlukan, karena berdasarkan surat Sekjend Kemenkumham RI Nomor: Sek-OT.03.04 Tanggal 16 Februari 2020 bahwa Kanwil bersama 26 Satker Wilayah NTT diusulkan untuk menjadi Satker menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani.

Filosofi dan Semangat Pelayanan
Lebih Lanjut Marciana menjelaskan terkait dengan Filosofi Maskot “SIANDO-SASANDO SUKUN KOMODO” yang merupakan representasi semangat pelayanan Kanwil Kemenkumham NTT. Menurutnya filosofi itu menggambarkan tiga wujud yakni Sosok Manusia dengan rupa komodo, kepala berbentuk sasando dan tangan menggenggam erat pohon sukun dengan lima ranting yang dahannya menaungi sosok manusia dengan rupa komodo.

“Menurut Marsiana, Filosofi tersebut menjadi inspirasi bagi ASN Kanwil Kemenkumham NTT untuk benar-benar melaksanakan tugas dan fungsi dan tidak boleh ada kesan formalitas dalam pelaksanaan pelayanan”.

Selain itu, kata Marciana, Kanwil Kemenkumham bertekad untuk mewujudkan prioritas reformasi regulasi melalui pengharmonisasian produk hukum daerah.

Menurutnya, dengan adanya produk hukum yang harmonis akan mendukung terciptanya alunan nada yang indah dalam mewujudkan kapasitas dan kebermanfaatan hukum.

Selain melaunching Hallo Kumham dan Maskot, Kakanwil Kemenkumham NTT, Marciana juga memaparkan program-program unggulan baik yang sudah maupun yang akan dilaksanakan selama kepemimpinannya, diantaranya Manajemen Perubahan, Penataan Tatalaksana, Penataan Sistem Manajemen SDM, Penguatan Akuntabilitas, Penguatan Pengawasan, dan Peningkatan Kualitas Pelayan Publik.

Pada kesempatan yang sama Kepala Divisi (Kadiv) Pelayanan Hukum dan Ham, Arfan Faiz Muhlizi, S.H., M.H mengatakan, dalam pelayanan hukum di NTT untuk saat ini terus ada pembenahan dan tentunya menuju ke arah yang lebih baik.

Menurutnya, dengan program-program inovatif yang sedang digagas sebagai program unggulan Kanwil Kemenkumham NTT, dirinya meyakini akan terjadi perubahan kearah yang lebih baik terkait dengan pembinaan dan bimbingan, pelayanan administrasi hukum, pelaksanaan litigasi, serta pengkoordinasian program legislasi daerah.

Hadir dalam kegiatan Coffee Morning serta Launching Hallo Kumham dan Maskot diantaranya; Kadiv Administrasi, Drs. Piet Bukorsyom, Kadiv Pemasyarakatan, Mulyadi, Kadiv Keimigrasian, Amrizal, Kadiv Pelayanan Hukum dan Ham, Arfan Faiz Muhlizi, Para Kepala Bagian, Para Kepala Sub Bagian, Karutan Kelas IIB Kupang dan Kalapas Kelas IIA Kupang. (kt/tim)

Comments
Loading...