Edukatif, Investigatif, Faktual, Berimbang

Rayakan HUT ke-8, Kebbo Uma Kupang SalurkanDana Pendidikan Bagi Pelajar dan Mahasiswa

0 104

KORANTIMOR.COM – KUPANG – Komunitas arisan Keluarga Besar Bu Lio Maumere (Kebbo Uma) Kupang merayakan ulang tahunnya yang ke-8 (delapan). Selain kegiatan misa syukur bersama pengurus dan anggota, Kebbo Uma juga menyerahkan bantuan dana pendidikan senilai Rp 42.000.000 bagi 28 (dua puluh delapan) pelajar dan mahasiswa dari keluarga besar Kebbo Uma.

Demikian dikatakan Ketua Panitia Syukuran Ulang Tahun Kebbo Uma ke-8, Yanuarius Laka dalam sambutannya seusai misa syukuran Kebbo Uma di Gereja Paroki Asumpta-Kelurahan Kota Baru-Kupang.

“Para penerima dana tersebut antara lain; 2 (dua) orang dari tingkat pendidikan SD , 7 (tujuh) orang dari tingkat SMP, 8 (delapan) orang dari tingkat SMA dan 11 (sebelas orang) dari perguruan tinggi,” tandasnya.

Korantimor.Com
Ketua Kebbo Uma, Yosef Rasi ( baju putih) foto bersama perwakilan siswa – siswi penerima buku rekening di Aula Asumpta Kota Baru Kupang, Sabtu 25/7/2020

Menurut Yanuarius, besaran bantuan pendidikan tersebut fariatif yakni Rp 500.000 untuk tingkat SD, Rp. 1.000.000 untuk tingkat SMP dan Rp 1.500.000 untuk tingkat SMA serta Rp 2.000.000 untuk Perguruan Tinggi Rp 2 juta. Total dana pendidikan tersebut sebesar Rp 42.000.000 dengan total jumlah penerima sebanyak 28 orang. “Semuanya telah disalurkan ke rekening tabungan masing-masing penerima (pelajar dan mahasiswa Kebbo Uma, red),” bebernya.

Misa syukur tersebut dipimpin Pater Edu Dosi, SVD. Pater Edu pada kesempatan sambutannya sebelum penyerahan bantuan dana pendidikan, meminta Komunitas Kebbo Uma Kupang selalu meyakini teladan Yesus yang selalu menolong. Ia meminta semua komunitas Kebbo Uma untuk mengembangkan sikap kerelaan hati untuk saling membantu satu sama lain. “Komunitas akan kuat dalam kebersamaan yang kompak untuk terus berjuang demi pendidikan anak – anak kebo uma kupang,” ujarnya.

Pater Edu Dosi,SVD meneyerahkan buku rekening kepada siswa SD, An. Mikael W. Dacosta di Aula Asumpta Kota Baru Kupang, Sabtu 25/7/2020

Sementara itu Ketua Kebbo Uma Kupang, Yosef Rasi, pada kesempatan sambutannya mengingatkan bahwa bantuan dana pendidikan kepada siswa – siswi Komunitas Kebbo Uma berasal dari anggota Kebbo Uma Kupang sendiri, khususnya dari iuran bulanan anggota.

Kegiatan ini, lanjut Yosep Rasi, sudah berlangsung sejak awal berdirinya komunitas Kebbo Uma Kupang di tahun 2012. Awalnya komonitas ini beranggotakan 32 Kepala Keluarga. “Hingga HUT Kebbo Uma yang ke-8 tahun 2020 ini, jumlah komunitas Kebbo Uma Kupang sudah bertambah menjadi 50 kepala keluarga,” bebernya.

Yos pun meminta anggota Kebbo Uma Kupang yang berasal dari berbagai latar belakang profesi untuk terus membangun rasa solider dalam suka maupun duka.

“Mengingat kita ada yang tukang ojek, sopir, tukang bangunan, pegawai swasta dan pegawai negeri. Beda profensi inilah yang telah terbukti menjadi kekuatan dasar Kebbo Uma hadir dan selalu bersama untuk anggotanya,” tandasnya.

Yos menambahkan pula bahwa dalam semangat cita-cita menunjang ekonomi keluarga dan mendukung pendidikan anak – anak, maka ditahun 2018 Komunitas Kebbo Uma Kupang mendirikan Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Bugu Supu, sebagai langkah kongkrit dan spirit bersama komunitas ini untuk menjadikan semua putra – putri Kebbo Uma berpendidikan hingga sarjana dan membangun ketahanan ekonomi keluarga (.kt/tim)

Comments
Loading...