Edukatif, Investigatif, Faktual, Berimbang

Promosi, Pelayanan dan Hospitalitas Kunci Keberhasilan Pariwisata  di NTT

0 137

KORANTIMOR.COMKUPANGAda dua hal yang menjadi dasar keberhasilan Pariwisata NTT untuk menjadi lebih maju dan terarah yakni Promosi atau Marketing ditambah Pelayanan dan Hospitality.

Promosi atau Marketing
Semua hal yang berhubungan dengan Pariwisata harus gencar dipromosikan agar di ketahui publik; baik domestik maupun Manca Negara. Bentuk promosi sangat beragam; bisa melalui  media cetak, elektronik maupun online.

Pelayanan dan Hospitality 
Ini merupakan salah satu bagian yang memperkuat promosi pariwisata. Dengan adanya pelayanan dan hospitality yang mengedepankan mutu pelayanan, maka hal tersebut dapat menumbuh kembangkan kepercayaan publik dan juga menarik minat tourist untuk berkunjung. Ini artinya obyek parawisata telah memenuhi syarat dan mempunyai daya tarik dengan nilai jual tersendiri.

Hospitalitas yang  buruk akan sangat berpengaruh  bahkan akan menjadi momok dalam persaingan dengan  daerah lain atau negara lain yang memperhatikan unsur unsur  pemenuhan nilai Jual Pariwisatanya.

SDM dan Skills  adalah dua hal yang menjadi  dasar, seseorang bekerja lebih profesional, berkualitas yang akan menjadi kunci untuk meraih  keberhasilan dalam suatu pekerjaan.

Bila seseorang tidak memiliki SDM dan Skills yang mumpuni, maka yang terjadi adalah orang tersebut tidak  bisa menunjukkan kualitas kerja yang baik dan tidak sesuai dengan harapan.

Hal inilah yang harus dijadikan  motivasi untuk terus berjuang meningkatkan SDM dan Skills pencari kerja dengan melakukan banyak  training atau pelatihan, baik teori maupun praktek

Tentu saja output dari kegiatan training atau pelatihan ini lebih diharapkan untuk  memasuki dunia kerja  secara profesional.

Dengan demikian keterlibatan pemerintah, dalam hal ini, dinas – dinas terkait sangat diharapkan  untuk mencerdaskan anak- anak bangsa dan sekaligus memberikan motivasi kepada mereka untuk selalu rajin  meningkatkan SDM dan Skills, sehingga mereka lebih bersemangat bersaing di dunia kerja; baik dalam negeri maupun dunia kerja luar negeri dengan keyakinan bahwa mereka sudah memiliki SDM dan Skills yang bagus, dibarengi mental yang siap untuk bekerja.

Kita harus terus berjuang dan berupaya meningkatkan SDM dan Skills para pencari kerja untuk bekerja lebih profesional dengan hasil yang maksimal.

SDM Unggul dan Skills yang  bagus akan membuka dunia kerja. “Asking others to work systematically and correctly without setting an example is not a true leader”. (kt)

Oleh Aloisius Bria Nahak
Trainer dan Pegiat Pariwisata NTT

Comments
Loading...