Edukatif, Investigatif, Faktual, Berimbang

FMB Berbagi Sembako (jilid 2), Bukti Kepedulian Terhadap Masyarakat Terdampak Covid-19

0 1.185

KORANTIMOR.COM – MALAKAForum Malaka Bangkit (FMB) kembali melakuukan aksi pembagian sembako kepada masyarakat di beberapa desa di Kabupaten Malaka. Desa-desa itu antara lain Desa Barene, Kakaniuk, Lakekun, Kamanasa, Railor, Lakulo, Taaba, Saenama, Leunklot, Loofoun Bateti, Haerain, Rabasa Wemean, Umatoos, Sukabilulik, Raimataus, Rabasa Hain, Motaulun, Weulun, Rabasa Biris, Umalor, Badarai, Haliklaran, Uma Lawain, Halibasar, Bontas, Alkani, Lamea, Weseben, Webriamata, Kereana, Bonibais, Sanleo, Wemeda dan Numponi (33 Desa).

Pemuda Milenials Kabupaten Malaka yang menamakan diri Forum Malaka Bangkit berbagi sembako kepada masyarakat terdampak Covid-19 di 33 desa di Kabupaten Malaka pada Minggu (19/4/2020)

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Minggu (19/4/2020) dengan melibatkan sekitar tiga puluhan Pemuda Milenials Kabupaten Malaka. Kegiatan ini bertujuan berpartisipasi bersama gerakan orang muda membantu sama saudara yang terdampak Covid-19.

Ada pun jenis sembako yang dibagikan kepada masyarakat berupa 150 kantong berisi 3 kg beras dan 5 bungkus Mie Instan. Aksi sosial ini diprakarsai oleh Forum Malaka Bangkit (FMB) yang terdiri dari Pemuda/Millenials Malaka, yang dipimpin oleh Robert Bria selaku Ketua dan Wendy Bondaoe selaku sekretaris. Para pembina Forum ini terdiri dari Bapak Emanuel Bria, Bapak Frido Berek Taromi dan bro Roy Tei Seran.

Seorang nenek sedang menerima bingkisan sembako dari pemuda Forum Malaka Bangkit (19/4/2020)

Kegiatan dimulai dengan persiapan yang dilaksanakan sejak Senin, 13 April 2020 dengan mengumpulkan dana, berbelanja sembako, rapat koordinasi hingga aksi yang terlaksana di tanggal 19 April. Kegiatan tersebut bertepatan dengan Perayaan Paskah II, Hari Raya Kerahiman Ilahi bagi Umat Katolik sejagat.

Anak-anak muda yang tergabung dalam FMB merasa bahwa dampak Pandemi Covid 19 telah memaksa orang untuk tinggal di rumah dan berakibat secara langsung atas kehidupan, terutama mereka yang kemampuan ekonominya terbatas. Oleh karenanya, perlu ada aksi nyata untuk saling berbagi demi keberlangsungan hidup manusia. Kegiatan ini terutama menyasar mereka yang tergolong sudah Tua, Para Janda, Ibu, Nenek, yang hidupnya jauh dari kata sejahtera.

Tiga puluhan anggota FMB dibagi menjadi 3 kelompok dan bergerak ke desa-desa sebagaimana tersebut di atas.

EB-RTS yang juga Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Malaka melalui kegiatan ini mengajak segenap insan yang peduli terhadap kehidupan manusia, terutama mereka yang berkecukupan, agar membantu sama saudara yang berkekurangan.

Bantuan Sembako ini disalurkan untuk membantu masyarakat yang secara ekonomi terkena dampak Covid-19, sekaligus sebagai bingkisan Paskah 2020. Dalam setiap bingkisannya, terdapat Beras sebanyak 3 Kg dan Mie Instan sebanyak 5 bungkus.

FMB menyerahkan bantuan ini secara langsung, door to door, dari rumah ke rumah untuk tetap mengindahkan protokol Keselamtan Covid 19 yang dikeluarkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Malaka, Pemda NTT, maupun Pemerintah pusat. Relewan FMB juga mengunakan Alat Pelindung Diri (APD) berupa masker ketika membagikan sembako kepada masyarakat.

Ketua Forum Malaka Bangkit, Robert Bria menyampaikan maksud dan tujuan dari aksi sosial yang kedua kalinya ini, adalah cara mereka menolong masyarakat Malaka, yang kelihatannya baik-baik saja, namun di pelosok-pelosok Malaka, banyak terdapat kaum-kaum lemah dan terpinggirkan, yang luput dari perhatian. Dilema Kemiskinan dan suburnya praktik Korupsi di Malaka.

FMB juga lewat kegiatan ini hendak mengajak semua pihak untuk turud bersolider dengan sesama dengan cara berbagi dengan sesama, di masa-masa yang sulit ini. Demikian kita menghidupi Iman yang kita hidupi sehari-hari, dengan senantiasa peduli pada sesama.

Mengindahkan himbauan Pemerintah untuk mematuhi protol Keselamatan Covid 19, Anggota FMB yang melakukan aksi di lapangan, membagikan sembako, memakai APD (Alat Pelindung Diri), berupa Masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan dengan mendatangi rumah warga secara satu per satu. Rencananya, aka nada aksi serupa (jilid III) yang akan diselenggrakan di waktu berikutnya.

Sementara itu, Emanuel Bria sebagai Pembina dan perintis FMB, sekaligus Kader Partai Kebangkitan Bangsa, yang menduduki Posisi di Struktur DPP PKB, menyampaikan beberapa hal penting terkait aksi ini:

“Gerakan kemanusiaan ini memang sengaja didisain untuk mengakomodir kerinduan Pemuda Malaka untuk menolong sesama yang membutuhkan, di tengah Pandemi Covid 19. Inilah saat paling tepat bagi kita sebagai orang kristiani untuk berbagi dengan sesama yang membutuhkan. Paskah adalah pesan kasih tanpa batas Tuhan Yesus kepada manusia. Mari kita saling berbagi dari apa yang kita miliki untuk ringankan beban saudara-saudara kita yang lain,” ujarnya.

Di tengah-tengah Pandemi Covid 19, dan terutama di tengah-tengah kasus Korupsi Bawang Merah Malaka, FMB hendak menunjukan bahwa masih banyak terdapat masyarakat yang hidupnya jauh dari kata layak, apalagi sejahtera. FMB berharap agar kasus-kasus korupsi di Malaka dapat diselesaikan dengan tuntas oleh Aparat Penegak Hukum, karena Korupsi adalah Kejahatan Kemanusiaan Luar Biasa yang mesti dilawan bersama, terutama oleh para Pemuda malaka yang adalah Agen Perubahan.

Sementara itu, Roy Tei Seran, salah satu pendiri FMB, yang juga adalah Kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan), selaku Wakil Ketua bidang Kehormatan Partai, Dewan Pimpinan Cabang Malaka berujar: “Tak ada Kemuliaan tanpa jalan Penderitaan dan Kematian. Yesus Kristus yang diremehkan oleh Para Pemuka Agama, Tokoh Politik, Penguasa, Ahli-Ahli Taurat, yang dihina, dicaci maki, disiksa, dan dibunuh secara bengis, akhirnya dipermimuliakan pada saat kebangkitan-Nya. Saatnya Pemuda Malaka Bangkit bersama Kristus, menolong sesame di tengah pandemi Covid 19 dan Korupsi Malaka, bergandengan tangan, Mencintai dan Melayani Tuhan lewat sesama, terutama mereka yang terpinggirkan (Kaum Marjinal), oleh karena luput dari perhatian Pemerintah,” jelasnya.

Bro Roy, sapaan akrab kader PDIP itu juga menyampaikan ucapan selamat merayakan Hari Kerahiman  Ilahi. “Selamat Merayakan Hari Kerahiman Ilahi, dengan memberi, kita menerima, dengan menolong sesama, kita nyatakan Kemuliaan dan Kebangkitan Tuhan, Yesus Kristus. Kristus Bangkit, Pemuda Malaka Bangkit, Manusia dan Tanah Malaka Bangkit. Alleluia!
Mari segenap Pemuda Malaka, bergandengan tangan, mari merajut kebersamaan, menyatakan harapan dan impian kita untuk Malaka Bangkit dan Sejahtera,” tutup Roy. (kt/fmb)

 

Comments
Loading...