Edukatif, Investigatif, Faktual, Berimbang

Jery Manafe Apresiasi Dukungan ETIKA Mencegah Covid-19

0 289

KORANTIMOR.COM – KUPANG – Wakil Bupati Kupang, Jerry Manafe menyambut baik dan mengapresiasi dukungan Etnis Tionghoa Kupang (ETIKA) berupa bantuan Tower Cuci Tangan dan Sejumlah APD (baju hazmet, mantel, handscoon, kacamata, masker, handsanitizer dll) kepada RSUD Naibonat Kupang pada Selasa (7/4/2020).

Wakil Bupati Jery Manafe (tengah berbaju keki coklat) bersama Paul Liyanto dan sejumlah anggota ETIKA pada momentum penerimaan bantuan APD dari ETIKA pada Selasa, 7/4/2020 di Naibonat

Bantuan tersebut diserahkan oleh Ketua Umum ETIKA dr. Henrich Jodjana dan anggota ETIKA, Paul Linyanto yang disaksikan Ketua Panitia,  Theodorus Widodo dan anggota David Kenenbudi, Edy Lau anggota ETIKA lainnya. Turut hadir Direktur RSUD Naibonat dr. Erol Nenobais, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Kupang dan sejumlah Tenaga Medis Rumah Sakit tersebut.

“Kita bersyukur, saat ini tidak ada pasien Cobid-19 di Kabupaten Kupang hingga, masih negatif. Kita berdoa kepada Tuhan supaya bisa menghalaukan virus ini supaya kita di Kabupaten Kupang dan seluruh masyarakat NTT terbebas dari Covid-19. Apalagi ada bantuan tower cuci tangan, saya percaya akan bermanfaat besar,” ungkap Jerry Manafe.

Perlu dipahami, lanjut Jery, untuk mencegah dan melawan pandemi corona virus, pemerintah tentu tidak bisa berjalan sendiri, tapi membutuhkan kemitraan, kerjasama, partisipasi, gotong royong atau kolaborasi dengan para pihak seperti; para pengusaha dan masyarakat. “Karena itu saya meminta semangat kebersamaan itu perlu ada,” ujarnya.

Wakil Bupati Jery Manafe juga menyampaikan terima kasih atas pemberia bantuan dari ETIKA dan mengharapkan dukungan seluruh masyarakat dan pengusaha kepada kerja pemerintah dalam situasi pandemi covid-19.

“Sekali lagi saya ucapkan terimakasih atas bantuan ini dan saya mohon agar para pengusaha, masyarakat seluruh NTT untuk  terus mendukung pemerintah. Kita berpartisipasi, gotong-royong, bahu membahu bantu pemerintah  terutama membantu masyarakat Kabupaten Kupang dan Provinsi Nusa Tenggara Timur untuk mencegah Covid -19. Kita berdoa supaya Indonesia dibebaskan dari Covid-19,” ungkapnya.

Dalam kaitan dengan kesiapan secara medis di Kabupaten  Kupang menghadapi corona virus, Jery Manafe yakin Kabupaten Kupang siap. “Kita di Kabupaten Kupang punya rapid test, swab test, punya 13 dokter spesial, 12 doktet umum dan 26 puskesmas. Saya minta seluruh puskesmas kita sama-sama berkolaborasi, kerjasama dengan kepala desa dan dusun agar di bulan April ini seluruh desa sudah disemprot disinfektan,” tegas kader Golkar Kabupaten Kupang itu.

Wakil Bupati Kupang itu  juga menaruh harapan besar kepada ETIKA agar dapat bekerjasama kedepan karena Kabupaten Kupang terlalu luas dan pengusaha masih kurang. Kabupaten Kupang memiliki 24 Kecamatan, 160 desa dan 17 Kelurahan dengan jumlah penduduk sekitar 400 ribu lebih. “Kepada bapak Paul Liyanto, bapak  dr. Hendrik Jodjana, pak Theodorus Widodo, pak David Kenenbudi dan pak Edi Lau agar kedepan bisa memperhatikan Kabupaten Kupang, kita bisa bekerjasama.” Ucapnya  mengakhiri kegiatan.

Ada Sumber Dana Penanganan Covid-19

Menurut Wakil Bupati, Jerry Manafe ada beberapa sumber mata anggaran yang dapat digunakan dan sudah siap untuk direalisasikan. Sumber dana itu antara lain; dana pemberdayaan masyarakat dari Dinas PMD dengan alokasi setiap dusun sekitar Rp 3,5 juta hingga Rp 3,6 juta untuk pencegahan Covid-19. Dari dana desa dialokasikan Rp 20 Milyar untuk pencegahan dan dampak Covid-19 terhadap masyarakat. Selain itu ada sumber dana yang diambil dari Kas Daerah dengan merevisi atau merasionalisasi beberapa mata anggaran Perjalanan Dinas yakni sekitar Rp 10 Milyar. [kos//kt]

Comments
Loading...