Edukatif, Investigatif, Faktual, Berimbang

Bupati SBD Perintahkan Kades Bentuk Relawan Lawan Covid-19

0 78

KORANTIMOR.COMTAMBOLAKABupati Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) dr. Kornelius Kodi Mete memerintahkan para Kepala Desa se-Kabupaten SBD untuk segera membentuk Relawan Desa untuk melawan penyebaran virus Corona/Covid-19 di tingkat desa.

Bupati Sumba Barat Daya, dr. Kornelius Kodi Mete

Perintah tersebut disampaikan Bupati Kodi Mete melalui suratnya Nomor: 900/75/53.18/III/2020, tertanggal 1 April 2020, perihal : Pembentukan Relawan Desa Lawan Covid-19 yang ditujukan kepada Para Kepala Desa Se-Kabupaten SBD.

Adapun struktur Relawan Desa adalah sebagai berikut : Ketua Relawan Desa : Kepala Desa; Wakil Ketua : Ketua BPD; Anggota : seluruh perangkat desa, anggota DPD, kepala dusun dan ketua RW.

Dalam surat tersebut Bupati Kodi Mete memaparkan, Tugas dari Relawan Desa adalah :
(1) Bekerjasama dengan Rumah Sakit Rujukan atau Puskesmas setempat untuk menyiapkan ruang isolasi di desa;

(2) Merekomendasikan kepada warga yang pulang dari daerah terdampak Covid-19 untuk melakukan isolasi diri;

(3) Membantu menyiapkan logistik kepada warga yang masuk ruang isolasi;

(4) Menghubungi petugas medis dan/Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk mengambil langkah atau tindaklanjut berikutnya terhadap warga yang masuk ruang isolasi.

Relawan Desa juga diminta untuk senantiasa melakukan koordinasi secara intensif dengan pemerintah kabupaten cq. Dinas Kesehatan dan/atau Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten SBD.

Surat Bupati SBD tersebut ditembuskan kepada Ketua DPRD Kabupaten SBD, Kadis Keuangan dan Pendapatan Daerah SBD, Inspektur Daerah SBD, Para Camat, Babinkantibmas, Babinsa dan Pendamping Desa se-Kabupaten SBD.

Sementara itu berdasarkan pantauan media ini, Tim Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kabupaten SBD terus melakukan sosialisasi pencegahan Covid-19 di berbagai tempat setiap hari, bahkan hingga malam hari. Area publik yang menjadi sasaran sosialisasi dan penyemprotan disinfektan antara lain pasar, puskesmas, pelabuhan laut Waikelo dan Bandara Tambolaka. Selain itu, Tim Satgas juga melakukan sosialisasi hingga ke desa-desa dan kampung-kampung di SBD.

Hari ini Tim Satgas melakukan screening suhu tubuh dan edukasi terhadap penumpang pesawat dari beberapa maskapai penerbangan yang tiba di Bandara Tambolaka. Tim Satgas juga mencatat nama dan alamat para penumpang yang tiba di Bandara Tambolaka agar dapat dipantau perkembangan kesehatannya melalui Puskesmas terdekat. (kt/tim)

Comments
Loading...