Edukatif, Investigatif, Faktual, Berimbang

Ribuan TKI NTT Pulang Kampung, Gubernur Laiskodat Diminta Antisipasi

0 98

KORANTIMOR.COM – KUPANG – Gubernur NTT, Viktor Laiskodat Diminta segera mengambil langkah antisipatif terkait rencana ribuan TKI/TKW (Tenaga Kerja Indonesia/Tenaga Kerja Wanita) dan tenaga kerja antar daerah asal NTT yang akan pulang ke kampung halamannya.  Langkah antisipatif itu untuk mencegah penyebaran virus corona (covid-19) di NTT.

Ketua Fraksi Partai Golkar NTT, Hugo Rehi Kalembu

Demikian dikatakan Ketua Fraksi Partai Golkar NTT, Hugo Rehi Kalembu melalui pesan WhatsApp kepada media ini, Selasa (31/3/20).

“Bapak Gubernur  diharapkan segera mengkoordinasikan dengan para kepala daerah (bupati/walikota, red) di NTT agar segera mengambilkebijakan dan langkah-langkah teknis untuk mengantisipasikepulangan ribuan TKI dari luar negeri maupun tenaga jerja antar daerah (dalam negeri, red) dari daerah zona merahke NTT,” ujar Kalembu.

Kalembu menjelaskan, jika benar berita tentang rencana kepulangan 32.192 TKI ke Indonesia dari negara-negara terpapar covid-19, termasuk sebagiannya adalah warga NTT maka harus segera diantisipasi agar tidak pintu masuk corona ke NTT.

“Jadi dibutuhkan kemauan baik untuk mensinergikanpemanfatan dana penanggulangan covid-19 tingkatprovinsi dan kabupaten/kota untuk penyiapan fasilitas penampungan,  fasilitas kebutuhan hidup ODP selama pemantauan dan kebutuhan alat kelengkapan medis lainnya,” jelas Kalembu.

Menurut Kalembu, kebijakan antisipasi yang perlu dilakukan Gubernur NTT dan para bupati/walikota  se-NTT adalahalokasi anggaran mendahului perubahan anggaran, baik pada APBDProvinsi maupun APBD kabupaten/kota.

“Terutama untuk menampung para TKI yang kembali dari luar negeri  danTenaga Kerja Antar Daerah dari daerah zona merah, di kabupatennya masing-masing selama 14 hari guna pemantauan,” ujar Kalembu.

Menurutnya, terus bertambahnya ODP (Orang Dalam Pengawasan) di NTT sangat menguatirkan.“Kendati belum ada warga NTT yang positif  terpapar covid-19 tetapi terus bertambahnya ODP di NTT yang sudah mencapai 495 orang, maka kecepatan pengambilan langkah strategis menjadi kunci untuk menangkal penyebaran corona,” tandas Kalembu.(kt/tim)

Comments
Loading...