Edukatif, Investigatif, Faktual, Berimbang

Tanggapi Dampak Covid-19, Gubernur NTT Pastikan Tidak Tutup Penerbangan

0 71.403

KORANTIMOR.COM – KUPANG Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL) pastikan tidak akan menutup menutup jalur penerbangan udara dan pelayaran dari dan ke Kupang,  juga daerah-daerah lain di Provinsi NTT untuk memutus mata rantai penyebaran Corona Virus Desease atau Covid-19.

Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat (kanan) dan Wakil Gubernur NTT, Yosep Naesoi (kiri) saat memberi keterangan pers tentang permintaan banyak pihak untuk penutupan jalur penerbangan dan pelayaran terkait dampak virus Corona, pada Senin (23/3/2020)

VBL berpendapat, tidak mungkin dirinya mengambil kebijakan menutup jalur penerbangan karena alasan kebutuhan logistik masyarakat NTT. “Tidak mungkin menutup penerbangan, karena itu logistik segala macam kita butuh,” tegas Gubernur VBL kepada pers di sela-sela kunjungannya di Dinas Kesehatan Provinsi NTT, di Jalan Palapa Kota Kupang pada Senin (23/03/2020).

Gubernur VBL mengungkapkan, justru yang diperlukan adalah pengawasan. “Kita butuh pengawasan; baik pengawasan di pelabuhan maupun di bandara. Penutupan tidak. Kita perlu mengawasi siapa saja dan kemungkinan suhunya dan lain sebagainya,” tegas VBL.

Disinggung soal kesadaran masyarakat untuk menjaga jarak atau Social Distance, mantan Ketua Fraksi Partai Nasdem DPR RI mengatakan, perlu peran aktif semua pihak. “Kita harapkan seluruh stakeholder di gereja untuk turut berperan. Kita semua terpanggil untuk disiplin diri sendiri; karena itu masalah kita bersama,” ucap Gubernur.

Sedangkan urusan memenuhi kebutuhan pokok di super market, sambung Gubernur VBL, tidak masalah. “Selama pergi kesana untuk kebutuhan pokok ya tidak masalah. Tetapi jika untuk duduk-duduk santai maka akan dibubarkan. Bapak Walikota juga sudah bergerak untuk membubarkan kerumunan orang tanpa tujuan yang tidak penting,” kata Gubernur.

Ditanya soal kesiapan dan ketersediaan anggaran untuk gugus tugas penanganan Covid-19 di Provinsi NTT, Gubernur VBL mempersilakan untuk bertanya kepada Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTT. “Untuk (kesiapan) itu bisa ditanyakan kepada tim yang bertanggungjawab yaitu Pak Kadis Kesehatan,” sebut Gubernur dan mengaku, “Untuk anggaran tidak ada masalah.”

Turut mendam Gubernur VBL dalam memberi keterangan pers, Wakil Gubernur NTT, Drs. Josef A. Nae Soi, MM, Staf Khusus Gubernur bidang Politik, Dr. Imanuel Blegur, Kadis Kesehatan Provinsi NTT, dokter Domi Mere, M.Kes dan Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi NTT, Dr. Jelamu Ardu Marius, M.Si. (Valeri Guru/Kasubag Pers dan Pengelolaan Pendapat Umum Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi NTT)

Comments
Loading...