Edukatif, Investigatif, Faktual, Berimbang

Walau ODP Meningkat, NTT Masih Negatif Corona

0 32.756

KORANTIMOR – KUPANG – Orang Dalam Pemantauan (ODP) virus Corona atau virus Covid 19 di NTT sudah meningkat menjadi 101 orang. Data ini meningkat dari jumlah 92 ODP pada Sabtu (21/3/2020) kemarin, pukul 14.00 Wita. Demikian penyampaian Kepala Dinas Provinsi NTT, Dominggus Mere pada kegiatan jumpa pers terkait perkembangan penanganan virus Corona atau Covid 19 di Kantor Dinas Kesehatan Provinsi NTT (Minggu, 22/3/2020).

Karo Humas dan Protokol Setda Provinsi NTT, Dr. Jelamu Marius dan Kadis Kesehatan NTT, Dominggus Mere serta Staf Dinkes NTT Saat Memberi Keterangan Pers Terkait Perkembangan Penanganan ODP Covid 19, Minggu [22/3/2020]

”Hingga saat ini kriteria Orang Dalam Pemantauan (ODP) ada 101 orang. Kalau kemarin kami laporkan ada posisi terakhir di 92 orang, hari ini bertambah sebanyak 9 orang,” katanya. Lebih lanjut Dominggus merincikan data tersebut sebagaimana berikut; Kota Kupang, 34 orang  dan sesudah pemantauan jumlahnya menjadi 10 orang. Jadi jumlah saat ini ada 24 orang. Lembata ada 2 orang, Manggarai Barat 12 orang, Kabupaten Kupang 2 orang. Sikka 26 orang dan selesai pemant aun ada 11 orang, jadi jumlahnya 15 orang. Ende berjumlah 2 orang, TTS 3 orang, Sumba Timur 2 orang, Belu 2 orang, Manggarai 5 orang dan Alor 1 orang, Malaka 1 orang, Flores Timur 4 orang, Sumba Barat Daya 7 orang, Manggarai Timur 1 Orang, Lembata 2 orang dan Manggarai 5 orang,” Jelas Kadis Dominggus Mere.

Kadis Kesehatan itu menambahkan bahwa jumlah ODP saat ini ada 80 orang, karena dari 101 orang ada 21 orang sudah selesai melewati tahap pemantauan. Ini sesuai notifikasi yang dikirimkan oleh semua Dinas Kesehatan dari Kabupaten/Kota di NTT.

Menurutnya, saat ini yang menjadi kendala adalah kekurangan Alat Pelindung Diri (APD).

”Keluhan dari rumah sakit adalah kurangnya alat pelindung diri. Secarah Provinsi maupun Nasional memang kurang. Ini juga sudah kami sampaikan ke Pemerintah Pusat.  Walaupun angka ODP terus mengalami kenaikan, tetapi NTT masih negatif Coronavirus,” jelasnya. [kt]

Comments
Loading...