Edukatif, Investigatif, Faktual, Berimbang

Modal KSP. Bugu Supu Kebbo Uma Digulir Untuk Usaha Ekonomi Anggota

0 3.849

KORANTIMOR.COM – KUPANG – Koperasi Bugu Supu Kebbo Uma sejak terbentuknya pada tahun 2017 dengan Badan Hukum Nomor 004.902/BH/M.KUM/VII/2017 hingga kini ditahun keduanya telah memiliki modal sebesar ± Rp 24.610.000 yang diakumulasi dari total Simpanan Wajib dan total Simpanan Sukarela. Setiap bulan dana tersebut terus bergulir kepada seluruh anggota guna mendukung usaha perekonomian setiap keluarga/anggota. Oleh karena itu setiap anggota diminta untuk punya rasa memiliki terhadap Koperasi Bugu Supu Kebbo Uma.

Suasana RAT Ke-II Koperasi Bugu Supu Kebbo Uma Tahun Buku 2019 di Aula Dinas Perhubungan Provinsi NTT, Sabtu, 14/3/2020.

Informasi ini disampaikan langsung pendiri KSP Bugu Supu Kebbo Uma,  Yoseph Rasi pada momentum RAT ke II Koperasi Bugu Supu Kebbo Uma Tahun Buku 2019 pada Sabtu, 14/3/2020 di Aula Dinas Perhubungan Provinsi NTT.

Yoseph Rasi menambahkan bahwa ide awal pembentukan koperasi tersebut lahir dari Komunitas Kebbo Uma dimana anggota yang ada berasal dari aneka profesi anggota; baik sopir, petani maupun profesi lainnya di kota Kupang. Ia juga mengharapkan koperasinya terus bertumbuh dan berkembang sesuai tuntutan perkembangan zaman. “Diharapkan koperasi ini [Koperasi Bugu Kebbo Uma, red] terus berjalan dan terus berkembang sesuai perkembangan dan tuntutan zaman,” ujarnya.

Semantara Kepala Dinas Koperasi Kota Kupang yang diwakili Kepala Seksi Kelembagaan dan Perizinan, Marianus Lida pada kesempatan  bicaranya menyampaikan bahwa kehadiran Koperasi Bugu Kebbo Uma baik untuk mensejahterakan anggota. “Kepemilikan dari KSP ini adalah semua anggota, bukan dari Pengurus atau dari Pengawas. Oleh karena itu semua anggota harus punya rasa memiliki koperasi ini,” jelasnya.

Selanjutnya, Kepala Dinas Nakertrans dan Koperasi Provinsi NTT yang diwakili Kasie Pengawasan, Umbu Dapa Roka, mengungkapkan bahwa perkembangan pelaporan keuangan untuk RAT Kedua Koperasi Bugu Kebbo Uma sudah semakin baik dan diharapkan terus berbenah sehingga mampu menyaingi koperasi koperasi lain di Nusa Tenggara Timur.

Peserta RAT ke-II Koperasi Bugu Supu Kebbo Uma Tahun Buku 2019

Saat ini anggota KSP Bugu Supu Kebbo Uma berjumlah 34 orang dengan total Simpanan Wajib Anggota  sebesar ± Rp 8.000.000, dan total Simpanan Sukarela ± sebesar Rp 6.000.000 tanpa pembagian Sisa Hasil Usaha (SHU) karena koperasi tersebut masih dalam proses konsolidasi dan sesuai kesepakatan anggota. (kt/gr)

Comments
Loading...